Sukses

Lendir Serviks dan Masa Subur

13 Feb 2017, 10:04 WIB
Wanita, 38 tahun.

Sore dokter...dok usia sy 38 thn usia pernikahan sy sdh 5 thn,sampai dengan hari ini sy belum dipercaya oleh Alloh utk diberikan momongan. Sudah 2 bulan terakhir ini setelah selesai masa menstruasi lendir serviks saya tidak keluar apakah itu mempengaruhi kesuburan saya dok ?...trima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya, ovulasi akan terjadi sekitar 14 hari sebelum siklus haid berikutnya. Jadi, jika Anda memiliki siklus haid 30 hari, maka masa ovulasi terjadi pada hari ke-16 dari siklus haid Anda, ditambah dan dikurangi tiga hari. Masa ovulasi sendiri merupakan waktu yang sangat tepat dimana sperma dapat membuahi sel telur sehingga dapat terjadi pembuahan. Nah, Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para wanita untuk mengetahui masa ovulasi/masa suburnya adalah dengan melihat lendir serviks. Cairan lendir serviks pada masa subur berfungsi untuk memudahkan sperma bergerak menuju sel telur sehingga apabila lendir serviks tidak keluar saat masa subur tentu saja berpengaruh terhadap kesuburan Anda. Berikut kami sampaikan ciri-ciri lendir serviks saat masa subur :

1. Warna lendir jernih seperti putih telur
2. Lendir serviks pada masa subur lebih encer daripada lendir biasanya
3. Jika dipegang dan ditarik, lendir tersebut dapat memanjang kurang lebih hingga mencapai ukuran 5 cm tanpa putus

Setelah masa ovulasi, cairan lendir serviks tidak lagi encer. Cairan lendir serviks pada masa setelah ovulasi akan berubah menjadi lebih kental, berwarna putih dan lebih berlendir. Sehingga hal tersebut mengakibatkan sperma sulit untuk bergerak maju menuju sel telur.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar