Sukses

Hipertensi Di Usia Muda

13 Feb 2017, 06:09 WIB
Pria, 17 tahun.

Umur saya 17 thn dok, tetapi tensi darah saya sdh mencapai 160/100, saya sering merasakan pusing, sesak, nyeri pada dada, mohon penjelasan ny dok, trimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikDokter.

Saudara yang terhormat, apa yang Anda alami kemungkinan besar akibat hipertensi yang Anda miliki. Hipertensi, atau penyakit tekanan darah tinggi, adalah kondisi di mana tekanan darah sistolik >=140 mmHg atau tekanan darah diastolik >=90 mmHg.

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal lama cukup banyak menyerang hanya pada usia tua. Wajar saja, hal ini dapat disebabkan oleh menurunnya fungsi pembuluh darah yang sudah berkurang keelastisitasannya, juga dapat dipengaruhi oleh tingginya asupan garam.Namun ternyata hipertensi juga dapat menyerang anak dan remaja.

Penyebab hipertensi di usia muda yang sering antara lain:

Berat badan berlebih

Pada remaja dengan hipertensi, ternyata 50 % nya mengalami berat badan berlebih atau obesitas. Obesitas dapat menyebabkan timbulnya resistensi insulin atau tidak mampunya insulin untuk membantu gula darah masuk ke dalam sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya gangguan beberapa fungsi tubuh, dalam hal ini berupa gangguan pembuluh darah, gangguan transportasi ion-ion antar sel dan retensi natrium atau tertahannya natrium di dalam tubuh. Hal inilah yang nantinya akan menimbulkan hipertensi. Pada remaja obese dengan hipertensi akan dilakukan perubahan pola hidup terlebih dahulu. Usaha penurunan berat badan dan pengurangan asupan garam serta peningkatan aktivitas fisik terbukti mampu menurunkan tekanan darah.

Stres

Stres psikogenik yang dialami oleh para remaja ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya hipertensi karena perubahan hormon-hormon dalam tubuh saat sedang stres.Tidak hanya itu, stres juga memiliki potensi ancaman terhadap aspek kesehatan lainnya yang berhubungan. Antara lain adalah status kondisi lemak darah yang ada. Terdapat penelitian di Spanyol yang mengungkapkan terdapat hubungan antara kondisi stres berlarut dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Riwayat keluarga

Anak dengan orangtua yang menderita hipertensi akan semakin tinggi kecenderungan untuk terkena hipertensi juga dibandingkan dengan anak dengan orangtua non-hipertensi.

Gaya Hidup

Ada beberapa gaya hidup yang memicu dan juga memperparah kondisi darah tinggi, antara lain:

  • Menu dan pola makan yang terdapat garam berlebih
  • Rutin mengkonsumsi alkohol
  • Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan timbulnya hipertensi pada remaja.

Penyakit hipertensi pada usia remaja dapat mempengaruhi timbulnya hipertensi pada usia yang lebih tua dan dsapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya.  Oleh karena itu penanganan hipertensi pada usia remaja sangat penting untuk dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk dapat mengetahui penyebab hipertensi dan pengobatan yang tepat untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar