Sukses

Sering Kencing, Apakah Mengalami Diabetes?

13 Feb 2017, 05:43 WIB
Pria, 19 tahun.

Sore dok,,saya seorang olahragawan.kenapa ya dok saya kok sering kencing, padahal saya kalo minum gak terlalu banyak,,pdahal kan kalo sering olahraga itu kemungkinan terkena diabetes lebih kecil dok,,dan dari keluarga saya tidak ada yg keturunan pengidap diabetes dok,,atau kah bero saya turun?atau diabetes?mohon jawabannya dok,,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di klikDokter.

Bapak yang terhormat, kecurigaan adanya Diabetes Melitus (DM) dipikirkan apabila terdapat keluhan klasik DM yaitu 3P (poliuri, polidipsi, polifagi), dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya. Poliuri adalah sering berkemih terutama waktu istirahat (malam hari) yaitu 3-5 kali sehari, polidipsi adalah rasa haus terus menerus, polifagi adalah makan yang berlebihan. Keluhan lain dapat berupa kesemutan, lemah badan, gatal pada kulit, mata kabur, gatal pada alat kelamin pada wanita.

Memang biasanya diabetes lebih rentan terjadi pada orang yang berusia di atas 30 tahun, dengan riwayat keluarga yang mengidap diabetes pula, dan biasanya jarang berolahraga. Namun demikian, jenis diabetes tertentu bisa terjadi pada orang muda yang aktif berolahraga. Apabila Anda mencurigai diri Anda mengalami diabetes, sebaiknya dikonfirmasi dengan pemeriksaan gula darah agar dapat dilakukan tatalaksana selanjutnya. 

Seseorang dianggap diabetes apabila gula darah puasanya >= 126 mg/dL, atau gula darah sewaktunya >=200 mg/dL dengan gejala diabetes yang jelas.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar