Sukses

Nyeri Pasca Herpes Zoster

13 Feb 2017, 03:54 WIB
Pria, 34 tahun.

Dok, ayah saya menderita cacar api, lukanya sudah kering, tapi sekarang sering datang rasa panas (seperti terbakar api) di bagian tubuh tertentu. Rasa panas itu berlngsung sampai beberapa menit. Kadang ayah saya tidak tahan dgn rasa panas itu. Apa solusinya dok untuk mnghilangkan sama skali cacar panas itu dan kenapa masih sering datang panas yg sangat itu dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikDokter.

Cacar api, atau secara medis disebut Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat. Obat antivirus diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Apabila tidak meminum antivirus, maka kesembuhan yang akan terjadi mengandalkan daya tahan tubuh Apabila hanya mengandalkan daya tahan tubuh, maka kesembuhan terjadi dalam hitungan hari sampai minggu.

Salah satu komplikasi tersering dari herpes zoster adaalah rasa nyeri atau sensasi terbakar di daerah kulit yang sebelumnya mengalami infeksi herpes zoster. Pada orang yang sudah lansia, nyeri atau sensasi terbakar ini lebih lama hilang. Umumnya membutuhkan waktu selama 6-12 bulan agar nyeri atau sensasi terbakar tersebut tidak menggganggu lagi. Hal ini terjadi karena infeksi herpes zoster menyerang syaraf.  Namun demikian, ada obat syaraf yang dapat dikonsumsi untuk mencegah terasanya nyeri tersebut. Obat tersebut tidak dijual bebas. Oleh karena itu, sebaiknya ayah Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar