Sukses

Pernah Kanker, Apakah Pasti Tidak Subur?

13 Feb 2017, 03:39 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat siang dokter, saya wanita 30 tahun dan br menikah 2 bln yg lalu, suami saya menderita kanker thn 2009 dan di nyatakan sembuh pd thn 2012, dan di tahun yg sm dia melakukan tes kesuburan, dan dokter menyatakan bahwa sperma dia nol, pertanyaan saya apakah pernyataan dokter bahwa sperma dia nol berlaku selamanya atau ada kemungkinan bs normal kembali dokter, Mohon infonya dan terimakasih banyak atas jawaban dokter,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kanker apa yang diderita suami Anda sebelumnya? Apa pengobatan yang telah dijalani? Tidak semua kanker menyebabkan ketidaksuburan, atau secara medis disebut infertilitas. Kanker yang terjadi di otak  atau testis memang dapat mengakibatkan infertilitas yang permanen. Kanker di tempat lain dapat pula menyebabkan infertilitas namun dapat hanya sementara saja.

Pengobatan kemoterapi menggunakan Chlorambucil, Cisplatin,Cyclophosphamide,Procarbazine, dan beberapa regimen obat kemoterapi yang lain juga dapat menyebabkan infertilitas sementara. Demikian pula radiasi di daerah perut bawah juga bisa mengganggu kesuburan.

Sebagian kasus kanker yang diobati menyebabkan infertilitas permanen, namun tak jarang juga menyebabkan infertilitias yang hanya sementara. Pada yang mengalami infertilitas sementara, memang kesuburan umumnya baru kembali 4-5 tahun kemudian setelah dinyatakan sembuh.

Kami tidak dapat memastikan mana yang terjadi pada suami Anda. Sebaiknya Anda berkonsultasi lagi dengan dokter. Dan tidak ada salahnya untuk kembali melakukan pemeriksaan analisis sperma ulang untuk mengetahui kondisi saat ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar