Sukses

Pengobatan Efusi Pleura

13 Feb 2017, 02:36 WIB
Pria, 30 tahun.

dok saya mau tanya apa saja yg d lakukan dokter di ruang operasi saat menangani efusi pleura pada pasien perempuan...apa pengobatanya memerlukan baju pasien di lepas semua????

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di KlikDokter.

Ibu yang terhormat, efusi pleura menandakan adanya cairan pada selaput pembungkus paru atau pleura. Cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru seperti TBC ataupun infeksi bakteri, jamur lainnya, selain itu adanya cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh kanker atau karena kekurangan protein. Di Indonesia, efusi pleura paling banyak disebabkan oleh infeksi TBC.
Namun demikian, untuk mengetahui secara pasti mengenai penyebab cairan di paru-paru, dibutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang yang menyeluruh.

Pengobatannya ditentukan berdasarkan penyebab efusi pleura. Bila karena TBC, maka perlu diberikan obat anti TBC. Bila karena infeksi bakteri, maka perlu diberikan antibiotik. Bila efusi pleura cukup banyak dan menyebabkan keluhan sesak napas, umumnya dokter akan mengeluarkan sebagian cairan dari pleura menggunakan jarum suntik dan selang untuk meredakan gejala. Sebagian besar kasus efusi pleura dapat disembuhkan.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar