Sukses

Haid Sedikit Tanda Hamil?

12 Feb 2017, 17:07 WIB
Pria, 22 tahun.

dok, saya mens skitar tgl 14 januari selsai tgl skitar tgl 17 . tgl 29 saya brhbungan intim dengan suami dok , tgl 8 februari saya mens lagi namun cma 2 hari, hari ktgany sudah bersih . itu tanda apakah dok ? mhon jawabannya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Halo, Septi! Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Darah yang keluar tersebut kemungkinan bisa merupakan tanda awal kehamilan namun kemungkinan bisa juga merupakan darah menstruasi Anda yang datang pada siklus ini, hanya saja darah yang keluar sedikit.

Darah yang keluar sebagai tanda awal kehamilan merupakan gejala yang timbul akibat penempelan embrio (bakal janin) pada rahim. Darah tersebut keluar 8-10 hari setelah pembuahan atau lebih awal dari siklus datangnya haid. Apabila terdapat kehamilan, bercak darah tersebut biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut ini dapat terjadi hingga usia kehamilan mencapai trimester kedua.

Jumlah menstruasi yang sedikit dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun untuk memastikan ada tidaknya kehamilan, pada tahap awal Anda dapat menggunakan tespack dan bila positif selanjutnya  Anda dapat memeriksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar