Sukses

Reumatoid Arthritis

12 Feb 2017, 14:25 WIB
Wanita, 23 tahun.

Malam dok, setahun yg lalu saya di diagnosis RA dan saya juga telah mengkonsumsi obat metilprenisolone selama 1 tahun lebih, dan efeknya muka saya mengalami moonface. Yang saya mau tanyakan, bisakah RA sembuh? Moonface menghilang? Dan apa saya makanan yang harus saya hindari? Dan makanan yang baik saya konsumsi? Terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Halo, Nurulita! Kami memahami kekhawatiran Anda

Rheumatoid Arthritis atau RA adalah suatu kondisi penyakit autoimun dimana sel - sel imun tubuh menyerang jaringan persendian. Sel - sel imun tubuh ini seiring dengan berjalannya waktu dapat menyebabkan peradangan pada persendian dan gangguan bentuk sendi. Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti tetapi para ahli berpendapat bahwa merokok, infeksi, dan riwayat cedera dapat menstimulasi terjadinya reaksi sel - sel imun tubuh menyerang jaringan sendi.

Untuk kesembuhan sempurna, belum ditemukan obat yang bisa menghasilkan kesembuhan sempurna. Hanya saja, obat yang digunakan sekarang bermanfaat untuk mencegah penyakit menjadi bertambah parah dan bertambah buruk.

Pemakaian jangka panjang kortikosteroid dapat memberikan efek penambahan berat badan dan penumpukan lemak pada tempat-tempat yang tidak wajar, seperti di wajah (moon face), punggung (buffalo hump) dan perut.

Cara terbaik untuk mengurangi efek samping moon face dan bengkak di anggota tubuh yang lain adalah dengan cara mengurangi dosis yang biasa diberikan secara bertahap yang tentunya pengurangan dosis ini harus dibawah pengawasan dokter. Oleh karena itu kami sarankan Anda kembali ke dokter yang sebelumnya sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh kepada Anda dan memberitahukan mengenai efek samping yang terjadi sehingga dapat dilakukan penyesuaian dosis obat sesuai dengan keluhan yang saat ini dirasakan. Karena saat ini dokter yang paling mengetahui riwayat, kondisi fisik dan perjalanan penyakit Anda adalah dokter tersebut.

Cara kedua adalah mengurangi asupan garam, secara normal, ginjal menjaga tubuh kita dengan menyeimbangkan kadar elektrolit, jika garam (natrium) di dalam tubuh kita berlebihan, maka akan dikeluarkan ke dalam urin. Steroid menyebabkan efek retensi natrium (menyimpan garam) sehingga terjadi penahanan cairan didalam tubuh yang berakibat terjadi peningkatan berat badan, perut kembung serta rendahnya kadar kalium di darah. Hal ini dapat menimbulkan resiko tekanan darah tinggi. Oleh karena itu pengurangan garam dan makanan asin saat ini dapat mengurangi keluhan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar