Sukses

Akibat Trauma Kepala
12 Feb 2017, 12:53 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat pagi Dok, semalam saya bermain futsal pada saat kondisi lapangan sedang becek, setelah kurang lebih 5 menit bermain saya jatuh terpleset, kepala bagian belakang membentur aspal dengan sangat keras. Sempat mata menjadi gelap, lalu saya terbangun dalam posisi duduk, tapi anggota badan seperti kepala, kaki dan tangan tidak bisa digerakkan hingga beberapa saat. Tidak lama kemudian akhirnya saya paksakan untuk berdiri. Dan kepala belakang saya terdapat benjolan yang cukup besar. Saat ini kepala masih terasa sakit dan leherpun juga demikian. Apakah ada resiko/penyakit yang muncul dalan diri saya dengan kejadian yang telah saya ceritakan ? Apakah resiki/penyakit itu muncul dalam jangka pendek ? Atau mungkin malah justru jangka panjang ? Lalu apakah berbahaya kejadian yang telah saya alami ? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada para dokter yang telah sempat membaca dan menjawab pertanyaan saya😊

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter
Halo Aji!

Komplikasi yang terjadi akibat trauma pada kepala dipengaruhi oleh berat ringannya trauma yang terjadi.

Benturan yang ringan umumnya tidak menyebabkan kerusakan pada organ didalam kepala, karena kepala terlindungi oleh tulang tengkorak yang keras, dan cairan otak yang berfungsi sebagai peredam benturan.

Sedangkan benturan yang keras pada kepala tentunya dapat mengakibatkan gangguan fungsi otak, apalagi jika pada saat terjadi benturan terdapat pendarahan didalam rongga kepala. Fisiologi tubuh memerlukan waktu untuk menyerap darah dan mengembalikan fungsi otak seperti sedia kala. Gegar otak adalah gangguan pada otak akibat benturan. Gangguan ini jika ditangani dengan baik, umumnya fungsi otak dapat kembali dengan baik. Terdapat beberapa komplikasi dari cedera kepala seperti kejang, kelemahan badan atau gangguan gerak.


Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar