Sukses

Nyeri Pasca Bedah Mulut

11 Feb 2017, 17:58 WIB
Pria, 19 tahun.

Sekitar 2 minggu yang lalu saya melakukan operasi bedah 4 gigi geraham bungsu, 1 minggu pasca operasi saya kontrol ke dokter untuk melepas jahitan (saat itu kondisi masih sedikit bengkak dan sangat nyeri). Saat kontrol kata dokternya terjadi infeksi di luka operasinya karna kondisi mulut kurang bersih. Sampai saat ini saya masih merasakan nyeri di luka jahitan, kira2 sewajarnya berapa lama rasa nyeri pasca operasi bedah mulut sembuh ya, dok? Dan untuk infeksinya sendiri apakah tanpa obat memang bisa sembuh sendiri? Lalu bagaimana untuk meminimalisir rasa nyeri tanpa obat? Terimakasih

Halo Dea,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, kami menduga anda mengalami Dry Socket, yaitu infeksi yang terjadi di lubang bekas pencabutan. Dry socket dapat terjadi kurang dari 24 jam setelah gigi dicabut namun dapat juga terjadi 3-4 hari setelah pencabutan.

Beberapa factor penyebab terjadinya Dry Socket, yaitu :

1. Penyakit sistemik, seperti diabetes.

2. Kebersihan mulut yang buruk.

3. Merokok setelah pencabutan gigi.

4. Luka pasca pencabutan yang besar.

5. Penggunaan kontrasepsi oral.

Pencegahan terjadinya Dry Socket :

• Menjaga kebersihan mulut sebelum pencabutan, seperti menghilangkan karang gigi      sebelumnya.

• Menghentikan kebiasaan merokok sebelum tindakan dan 1 minggu setelah tindakan.

• Mematuhi instruksi dokter gigi mengenai apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah pencabutan.

• Minum obat yang telah diresepkan secara teratur sesuai petunjuk dokter.

Pada wanita apabila sedang mengkonsumsi pil kontrasepsi/KB sebaiknya diinformasikan kepada dokter gigi, agar dapat diatur waktu yang tepat untuk pencabutan.

Kami sarankan agar anda memeriksakan kembali dengan dokter gigi anda mengenai keluhan anda. Jika memang terdapat infeksi pada dry socket tersebut, dokter gigi akan memberikan obat golongan antibiotic. Sementara sambil menunggu ke dokter gigi anda dapat membeli obat anti nyeri yang dijual di apotik dan obat kumur yang mengandung chlorhexidine 0.12% kumur 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Selain itu anda juga harus menjaga kebersihan lubang bekas pencabutan gigi. Hal ini memang sering terjadi pada pencabutan dengan lubang yang cukup besar dan pada kasus anda langsung mencabut 4 gigi geraham. Ada baiknya bila pencabutan gigi geraham dilakukan bertahap, pertama 2 gigi sisi kanan, lalu 2 gigi sisi kiri, agar pada saat penyembuhannya gigi sisi kanan anda bisa mengunyah makanan dengan sisi kiri, begitu juga sebaliknya. Hal ini dapat meminimalisir terjadi dry socket.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar