Sukses

Gigi Rusak Semua Apa Masih Bisa Diperbaiki?

10 Feb 2017, 22:38 WIB
Pria, 25 tahun.

Hallo Dokter, saya ingin memperbaiki gigi rusak saya dok,, gigi saya hampir semua rusak karena saya tidak pernah memeriksakan gigi saya sejak kecil,, sehingga gigi depan saya tidak rapi tumbuh nya,, sekarang pun akibat nya gigi depan saya rusak dan hitam di bagian sela nya. Gigi bagian dalam juga bisa dibilang rusak dan busuk,, yang menyulitkan saya menikmati makanan yang semestinya nya dikunyah,,dan parah nya lagi saya saya malu untuk tersenyum dan tertawa lepas sehingga membuat kepercayaan durian saya berkurang. Dok saya mau tanya apakah gigi saya dapat diperbaiki dan menjadi rapi, saya pun bersedia untuk mengganti semua gigi rusak nya dok, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan gigi rusak yang saya keluhkan dok,,ini dikarenakan saya orang kalangan bawah,, sehingga saya mengabaikan kesehatan Gigi saya,, dulu pas sma saya pernah datang ke ahli gigi untuk memperbaikan gigi saya tapi mereka menolak nya,,membuat saya membiarkan gigi ini semakin rusak,,, Dok mohon bantuan nya atas pertanyaan saya... Terima kasih,,

Halo Ulan Suci,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Memiliki gigi yang rusak memang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Namun jangan khawatir, gigi yang rusak tentunya masih dapat diperbaiki. Untuk rencana perawatannya tentunya tergantung dengan kondisi gigi anda saat ini dan pastinya juga berhubungan dengan biaya perawatan. Sebaiknya segera periksakan gigi anda ke dokter gigi, jangan ke ahli gigi. Karena ahli gigi tidak mempelajari tentang anatomi manusia dan ilmu kedokteran gigi. Resiko yang anda dapatkan apabila terjadi komplikasi akan sangat merugikan.

Periksakan keadaan gigi anda ke dokter gigi untuk mendapatkan diagnosa yang akurat agar dapat membuat rencana perawatan yang tepat. Langkah pertama sekali untuk anda, Kami sarankan untuk merubah mindset anda selama ini serta berkomitmen dalam menyelesaikan masalah gigi anda hingga tuntas, tidak putus di tengah jalan. Pertama-tama lakukan pembersihan karang gigi, lalu periksa bila ada sisa akar gigi maka harus dicabut, bila ada gigi berlubang langsung ditambal. Dengan ini keadaan gigi anda lama-lama akan mengalami perbaikan namun anda juga harus sabar dalam proses perbaikan gigi ini. Untuk gigi yang ompong/dicabut, ganti dengan gigi palsu supaya mengembalikan fungsi kunyah yang normal.Memang jika sudah memiliki banyak masalah gigi, biaya akan semakin mahal. Oleh karena itu, periksakan gigi secara rutin 6 bulan sekali, walaupun tidak ada keluhan. Dengan cara ini maka perawatan akan dapat dilakukan pada tahap awal, belum terjadi kerusakan parah, sehingga biaya perawatan gigi menjadi lebih murah.

Untuk melakukan perawatan gigi anda bisa menggunakan program pemerintah BPJS, namun ada batasan-batasan mengenai perawatan apa saja yang dapat diberikan. Program BPJS ini bertujuan untuk melayani kesehatan masyarakat dengan metode pelayanan yang berjenjang, dan perawatan gigi termasuk dalam program pelayanan kesehatan tersebut. Untuk perawatan gigi, seorang pasien bisa mendatangi dokter gigi yang berpraktek pada klinik yang bekerja sama dengan BPJS atau puskesmas. Namun ada beberapa tindakan yang tidak dapat dilayani dengan BPJS, karena berindikasi estetik. 

Selain itu untuk menyiasati tagihan perawatan gigi agar lebih terjangkau, baca artikel terkait berikut ini :

- Kiat Menghindari Tagihan Pengobatan Gigi Yang Mahal.

Dan Ingatlah bahwa “Tidak ada kata terlambat!”, dalam hal ini "Lebih baik terlambat daripada tidak bertindak sama sekali."

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar