Sukses

Alpukat untuk Menaikkan Berat Badan

09 Feb 2017, 20:16 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok saya mau tanya, bener ga sih alpukat bisa bikin gemuk? Saya ingin menambah berat badan, kalo itu benar bagaimana kah cara mengkonsumi alpukat yg baik apakah setiap hari atau seperti apa. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Alpukat merupakan buah yang megandung banyak vitamin dan nutrisi. Alpukat mengandung lemak namun lebih banyak megandung lemak yang baik untuk tubuh. Untuk membuat gemuk membutuhkan proses yang banyak bukan hanya dari makanan, tapi juga dipengaruhi aktivitas.

Buah alpukat merupakan salah satu sumber yang baik dari asam lemak tak jenuh rantai tunggal yang dapat menaikkan HDL dan menurunkan LDL. Selain itu, alpukat juga mengandung beta sitosterol yang dapat membatasi penyerapan kolesterol ke dalam tubuh.

Alpukat dalam dikonsumsi dengan berbagai variasi menu makan, seperti isi roti lapis bersama telur, atau dijus polos atau bersama buah lainnya.

Beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan, yaitu :

- Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Perkiraan jumlah yang disarankan adalah karbohidrat 50% per hari, protein 20% sehari, dan lemak 30% sehari.

- Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.

- Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

- Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta melancarkan pencernaan. Minum setidaknya 1.5-2 liter air mineral sehari.

- Saat minum susu, pilihlah susu full cream (whole milk) agar diperoleh nutrisi lebih.

- Selain itu, cobalah untuk memperhatikan label makanan yang dikonsumsi, untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada produk makanan tersebut.

Apabila cara di atas belum berhasil, kami menyarankan pemeriksaan ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan penyakit lain yang mendasari. Konsultasi dengan dokter spesialis gizi juga membantu untuk mengetahui makanan yang dapat meningkatkan berat badan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar