Sukses

Bayi 3 Bulan Sakit Batuk dan Pilek

09 Feb 2017, 14:48 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, anak saya baru berusia 3 bulan. Sekarang lagi sakit batuk (kering) dan pilek tanpa disertai demam. Saya udah bawa ke klinik untuk berobat. Namun setelah mengkonsumsi obat malah jadi batuk berdahak. Sudah 6 hari batuk berdahak tapi belum mereda juga. Mohon infonya dok, gimana caranya agar mereda batuknya. Apa harus saya bawa ke klinik lagi? Dan mengkonsumsi obat lagi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo! kami memahami kekhawatiran yang Ibu rasakan. 

Batuk merupakan fenomena yang normal karena batuk adalah salah satu mekanisme pertahanan pernapasan yang dapat mencegah aspirasi makanan padat, cair, dan berbagai benda asing lain (aspirasi = terhirup ke paru-paru). Batuk sendiri merupakan mekanisme untuk mengeluarkan lendir berlebih yang diproduksi oleh saluran pernapasan terutama apabila saluran pernapasan sedang meradang.

Batuk pada anak memang banyak penyebabnya, dari infeksi, alergi, asma, iritasi, dan banyak hal lainnya. Sebagian besar batuk pada anak isebabkan oleh virus yang tidak membutuhkan antibiotik.

Bagaimana kondisi anak Ibu sekarang?apakah disertai demam? Batuk akibat virus pada anak dapat menghilang dengan sendirinya dalam 1 minggu. Kalau dahak atau hingus tertelan maka tidak perlu dikhawatrikan namun memang kalau dahaknya sangat banyak sebaiknya dilakukan terapi.

Kami sarankan agar ibu mengkonsultasikan anak ibu kembali ke dokter spesialis anak agar dapat dilakukan pemeriksaan. Untuk sementara coba hangatkan bayi dan berikan ASI secukupnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar