Sukses

Nyeri Di Bawah Rusuk Kanan

09 Feb 2017, 01:22 WIB
Pria, 27 tahun.

Pria 27 thn. Tinggi 168cm. Berat badan 58kg. Rutinitas duduk di depan komputer. Saya perokok aktif dok. Dokter.. Saya mau tanya.. Sudah satu minggu ini saya sering mengalami nyeri di bagian belakang rusuk kanan.. Sakitnya di sekitar ulu hati ke kanan.. Rasanya seperti ditusuk-tusuk..Kalo posisi berdiri tidak terlalu berasa, tapi jika posisi badannya di bergerak ke kanan atau ke kiri lebih terasa nyeri nya. Trus jika posisi membungkuk trus tarik napas juga terasa sakit.. Rasanya seperti sakit perut karena masuk angin. Saat bernafas juga lebih terasa nyeri di bagian belakang rusuk nya dok, tp jika di tahan nafas nya rasa nyeri nya hilang dok. Awalnya saya berfikir ini masuk angin biasa. Tapi menjadi lebih serius karena tidak hilang-hilang. Sudah di balurkan minyak gosok untuk masuk angin dan juga minum air hangat di sertai obat herbal tolak angin tapi tetap terasa nyeri. Tolong solusi dan tindakan apa yg harus saya lakukan dok. Terima kasih sebelum nya dok.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda adalah rasa sakit di bawah rusuk kanan yang seperti ditusuk-tusuk. Rasa sakit ini dirasakan ketika tubuh bergerak ke kanan, ke kiri dan ketika membungkuk. Rasa sakit juga dirasakan saat menarik nafas.

Tulang rusuk adalah tulang-tulang rongga dada yang melindungi paru. Perlu kami konfirmasi persisnya di daerah rusuk kanan atas/tengah/bawah/depan/belakang yang sakit? Dan apakah rasa sakit ini menjalar?

Keluhan nyeri yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh gangguan otot dan tulang, kelainan paru, hati, empedu maupun lambung. Bila ini disebabkan karena gangguan otot dan tulang, nyeri biasanya muncul karena perubahan posisi, berlangsung sebentar sekitar 1-2 menit, dapat disertai nyeri saat ditekan dan tidak berhubungan dengan menarik nafas. Sedangkan bila nyeri juga dirasakan saat menarik nafas, ada kemungkinan berhubungan dengan paru atau selaput pembungkus paru (pleura).

Keluhan nyeri di bawah rusuk kanan yang terkait organ hati, empedu maupun lambung biasanya disertai rasa mual, muntah, kembung atau cepat kenyang. 

Bagaimana dengan Anda, apakah Anda mengalami keluhan-keluhan lain seperti yang telah disebutkan di atas? Untuk mengurangi rasa nyeri Anda dapat mengkonsumsi parasetamol terlebih dulu. Apabila tidak juga membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diperiksa secara menyeluruh. Ada kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan rontgen dada bila perlu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar