Sukses

Benjolan Payudara saat Menjelang Haid

08 Feb 2017, 13:02 WIB
Pria, 23 tahun.

Aslm dok, sy wanita berusia 23 tahun dan belum menikah dgn bb 51 kg dan tinggi 161 cm. Sekitar 5 hari yg lalu sy mendapati 3 benjolan di payudara kanan saya (menjelang periode menstruasi saya), padahal skitar 2 bulan yang lalu sy sempat memeriksa dan tdk terdapat benjolan sama sekali. Benjolan ini terasa agak keras tapi tdk terasa sakit (saat ini payudara sy terasa nyeri karena mmg ini menjelang periode haid sy). Saya ingin menanyakan apakah hal ini wajar jika terdapat benjolan menjelang haid ? karena ini baru pertama kalinya saya mendapati benjolan di payudara saya ? ataukah hal ini harus sy waspadai dok ? terima kasih sebelumnya, Wassalam

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter
Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan payudara disebabkan oleh kanker. Dalam bahasa kedokteran, tumor merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu benjolan. Benjolan (tumor) pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, mulai dari yang ringan seperti kumpulan lemak, infeksi, penyakit fibrokistik, dan tumor jinak (seperti Fibroadenoma Mammae) hingga yang berat atau ganas seperti kanker payudara.

Pada kasus Anda, dimana timbulnya benjolan saat haid, maka kami meduga benjolan tersebut merupakan suatu Mammary Displasia. Penyakit fibrokistik (Mammary dysplasia) merupakan kondisi yang ditandai penambahan jaringan fibrous (jaringan ikat) dan glandular (kelenjar). Mammary dysplasia dapat memberikan gejala berupa benjolan nyeri, jumlahnya biasanya multipel, dan terdapat penebalan. Pertumbuhannya dipengaruhi oleh hormonal dan terjadi seiring dengan siklus haid. Benjolan ini akan menghilang setelah wanita selesai menstruasi dan dapat kembali terjadi ketika menstruasi datang.

Untuk memastikan hal tersebut, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum atau dokter spesialis bedah onkologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk memeriksa benjolan tersebut Anda dapat melakukan pemeriksaan mammografi atau USG. Apabila masih belum jelas, maka pemeriksaan biopsi pada benjolan payudara dapat dilakukan untuk mengetahui apakah jenis benjolan tersebut dan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas. Dengan demikian Anda dapat segera mendapat penanganan yang optimal.

Berikut kami sertakan beberapa artikel beikut ini yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SaDaRi)

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda!

5 Langkah Periksa Payudara

Benjolan jinak payudara

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar