Sukses

Mengatasi Gigi Pecah Separuh Dan Ngilu Saat Minum Dingin

08 Feb 2017, 13:40 WIB
Wanita, 19 tahun.

Ini terjadi pada gigi saya yang berlubang di bagian ujung sehingga menyebabkan seringnya mengalami ngilu bila minum dingin. Dan sebagian dari gigi tsb sudah pecah separuh.terima kasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Halo Zani,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan keluhan gigi ngilu bila minum dingin, maka kemungkinan kerusakan gigi anda sudah sampai lapisan dentin. Apabila lubang gigi tidak ditambal maka perjalanan karies gigi akan berlanjut dan menembus bagian saraf gigi. Pada taraf ini akan terasa sakit yang cekot-cekot secara spontan, tidak perlu didahului oleh minum dingin atau panas. Kami sarankan agar anda segera melakukan perawatan gigi pada gigi yang berlubang tersebut, agar tidak terjadi keluhan yang lebih hebat lagi. Sementara menunggu ke dokter gigi anda dapat minum obat anti nyeri yang  bisa anda dapatkan di apotik.

Sedangkan untuk gigi yang sudah pecah separuh, harus di periksakan ke dokter gigi untuk mengetahui keadaan gigi tersebut. Apakah gigi tersebut masih hidup(vital) atau sudah mati(nonvital), karena hal ini berhubungan dengan rencana terapi selanjutnya. Untuk gigi yang sudah pecah separuh dan sudah kena saraf dapat dilakukan perawatan saraf lalu sebaiknya dibuatkan dental crown, agar kekuatannya baik untuk jangka panjang dibanding ditambal biasa dan untuk mengembalikan fungsi pengunyahan. Saran kami segera konsultasikan dengan dokter gigi anda mengenai pilihan dental crown yang sesuai dengan kebutuhan anda agar anda dapat menggunakan gigi anda sebagaimana mestinya.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar