Sukses

Bayi Mogok Menyusu karena Pakai Botol

08 Feb 2017, 13:26 WIB
Pria, 30 tahun.

1. saya baru lahir sc dan bayi skr usia 4 bulan, skr saya sambil bekerja. untuk asip saya cb siapkan beberapa hari sblm masuk kerja karna kulkas kurang memadai,, pintu freezernya rusak, jd kan asinya tidak akan bertahan lama. nah ternyata si bayi tidak mau diminumkan pakai dot. dicoba pakai sendok di tepis terus, pake cup feeder pun menolak. kl pun mau yg keminum hanya sekitar 20 ml. jadi siasatinya tiap jam istirahat saya pulang dulu ke rumah. stlh itu pergi kerja lagi. jadi seperti puasa ya , minumnya sedikit sekali. tiap hari spt itu smp berlangsung 1 bulan.. akhirnya lumayan beradaptasi naik jd 50 ml dia mau minum. tp kata dokter itu tetap kurang jauh, krn ktnya sekali minum bayi 4 bl sekitar 120ml an

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter
Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan tersebut pasti sangat mengganggu Anda.

Kejadian bayi mogok menyusu dapat dipengaruhi oleh faktor bayi dan ibunya yaitu Anda. Berikut adalah penjelasan dari faktor tersebut.


Kejadian mogok menyusu dari faktor bayi bisa diakibatkan oleh:
1. Bayi sakit
2. Bingung puting.

Biasanya kejadian bingung puting ini terjadi pada bayi yang diberi ASI perah dengan menggunakan botol susu. Botol saja ketika kita balik sudah meneteskan isinya keluar sehingga bayi cukup monyong sedikit atau mencucu sudah bisa mendapatkan isinya, sedangkan pada payudara dibutuhkan mulut bayi yang terbuka lebar untuk mengeluarkan isinya. Nah tanpa kita sadari perlahan tapi pasti produksi ASI di payudara ibu mulai perlahan berkurang karena tidak bisa mengikuti permintaan bayi yang cenderung lebih banyak jika minum melalui botol atau dot.
3. Bayi tumbuh gigi

Kejadian mogok menyusui dari faktor ibu bisa diakibatkan oleh:
1. Ibu sakit
2. Ibu hamil
3. Ibu memakai alat kontrasepsi.

Pada penggunaan kontrasepsi hormonal bisa mengakibatkan menurunnya produksi ASI dan membuat bayi kesal karena menurunnya produksi ASI dan aliran ASI menjadi tidak deras seperti biasanya.
4. Ibu menstruasi
5. Ibu lelah

Kami sarankan Anda menelusuri terlebih dahulu adakah salah satu penyebab diatas yang terjadi pada diri Anda dan bayi Anda. Dan kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan konselor laktasi yang berada disekitar tinggal Anda atau dengan dokter spesialis Anak Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar