Sukses

Sakit Lambung Lebih dari 6 Bulan

07 Feb 2017, 17:59 WIB
Wanita, 47 tahun.

Selamat malam dok.. Saya mau tanya. Saya udah hampir 6bln sakit di bagian perut. Saya sudah berobat kemana2 tapi tidak ada kesembuhan. Dokter bilang saya sakit lambung kronis dan liver berlemak. Tetapi saya tidak mengalami mual muntah, kalau perut saya lagi nyeri badan saya tu berasa dingin menggigil. Sebenarnya saya sakit apa dok? Dan bagaimana cara penyembuhannya? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah nyeri di bagian perut selama 6 bulan. Menurut dokter sebelumnya Anda menderita sakit lambung kronis dan perlemakan pada liver.

Sakit maag yang Anda rasakan di dalam terminologi kedokteran dikenal dengan gastritis / peradangan pada lambung oleh asam lambung yang tinggi. Karena gastritis ini sudah berlangsung lama maka disebut dengan gastritis kronik. Penyebab dari gastritis ini diantaranya adalah :

penggunaan obat-obat NSAIDs, alkohol dalam jangka panjang
infeksi Helicobacter pylori
refluks cairan pankreas dalam lambung
Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres atau cemas dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.

Pencegahan gejala adalah menghindari segala macam pencetus yang menyebabkan maag anda kambuh. Seperti telat makan, makan-makanan pedas/asam, stress, kopi, dan lain-lain.

Untuk mengatasi maag yang Anda alami, yang dapat dilakukan adalah :

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.
Pengobatan / terapi yang dilakukan disesuaikan dengan penyebabnya. Antibiotik digunakan apabila penyebabnya adalah bakteri. Apabila penyebabnya adalah obat-obatan /alkohol maka pemakaian sebaiknya dihentikan. Obat pengurang asam lambung seperti proton pump inhibitor/PPI(contohnya adalah omeprazole, atau pantoprazole), golongan H2 blokcer (contohnya adalah ranitidine), atau antasida dapat digunakan untuk mengurangi gejala. Namun obat-obatan ini hanya dapat diberikan oleh dokter yang telah melakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh terhadap diri Anda. 

Mengenai penyakit liver yang berlemak kami sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan USG abdomen untuk melihat kondisi liver Anda saat ini. Selain itu hasil yang didapat bisa didiskusikan kembali dengan dokter Anda mengenai penanganan optimal apa yang sesiai dengan kondisi Anda saat ini.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Beda Sakit Maag dan GERD

Kembung: Sakit Maag atau Infeksi Bakteri?

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar