Sukses

Keputihan Berwarna Abu-abu dan Berbau

06 Feb 2017, 11:10 WIB
Pria, 19 tahun.

sekitar 3 bulan terakhir, setelah saya mengalami menstruasi, selalu mengalami keputihan yang berbau dan kadang sangat menyengat. dan bbrpa hari ini stelah menstruasi, keputihan saya berwarna abu" . kira" knpa ya dok? apakah berbahaya? atau pertanda suatu penyakit? mohon info.nya dok. terima kasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. 

Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan Anda mengalami keputihan abnormal yang disebabkan oleh vaginosis bakterialis, dimana lendir keputihan yang muncul berbau amis, encer dan berwarna abu-abu. Namun demikian, untuk lebih pasti sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan untuk melihat penyebab keputihan Anda, sehingga dapat dilakukan pengobatan secara tepat sesuai dengan penyebabnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar