Sukses

Tulang Ekor dan Bokong Terasa Nyeri Saat Hamil, Apakah Normal ?

06 Feb 2017, 10:52 WIB
Pria, 26 tahun.

Saya mau tanya dok, istri saya sedang hamil skitar 7 bln, akhir2 ini istri saya ada keluhan sakit di tulang ekor dan di pipi pantat terasa penat, apakah itu wajar atau ada gangguan lain dok,, terima kasih mohon jawaban nya dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Halo, selamat atas kehamilan istri Anda! Kami mengerti kekhawatiran Anda. Selama kehamilan, persendian panggul akan terasa lebih longgar, karena jaringan lunak penyangga tulang (ligamen) pada sendi panggul akan melunak (softening). Juga akan terjadi sedikit pelebaran pada ruang persendian. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri atau pegal pada sendi panggul hingga tulang ekor. Anda tidak perlu khawatir, hal ini merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita hamil. Keluhan nyeri ini akan berangsur-angsur pulih setelah Anda melahirkan. beberapa tips yang dapat istri  Anda lakukan untuk mengurangi dan mengatasi nyeri:

1.Lakukan senam untuk memperkuat otot dasar panggul dan perut

2.Hindari mengangkat beban terlalu berat

3. Ketika berjalan sebaiknya Anda melengkukan tubuh (seperti membusungkan dada) Anda dengan tangan yang mengayuh di samping agar postur lebih stabil. Hindari postur tubuh membungkuk.

4. Tidur dengan posisi miring dan tanbahan bantal di antara kaki

5. istirahat yang cukup

Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter kandungan dan kebidanan bila keluhan dirasa sangat mengganggu. Dokter dapat menyarankan penggunaan penyangga panggul atau fisioterapi untuk menstabilkan sendi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar