Sukses

Teratoma, Tumor Jinak AtauTumor Ganas?

06 Feb 2017, 12:04 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, saya mau tanya kan saya didiagnosa terkena tumor testis, terus saya sudah di oprasi orkidektomi waktu tanggal 12 jan, terus hasil PA nya menunjukan maturecystic teratoma testis kanan (tidaktampak tanda ganas) tetapi setelah saya konsul ke dokter lagi katanya teratoma itu berarti ganas dan harus di kemo. Yang benarnya yang mana ya katanya hasil PA itu mutlak dok, apatetap harus di kemo karna dari hasil LAB darah HCG saya naik pascaoprasi tetapi AFP saya turun tetapi belum normal atau ada cara lain selain kemo. Mohon bantuanya terimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda akan penyakit yang Anda alami. Teratoma merupakan tumor yang terdiri dari berbagai macam sel di dalamnya. Teratoma dapat bersifat jinak, dapat pula bersifat ganas. Untuk memastikan teratoma bersifat jinak atau ganas, dinilai dari pemeriksaan patologi anatomi (PA). Dokter berkompeten untuk membaca hasil PA, serta mencocokkannya dengan pemeriksaan klinis, temuan saat operasi, dan hasil lab Anda.

Bila teratoma jinak, pengobatan hanya dengan operasi saja. Namun bila teratoma bersifat ganas, umumnya memang perlu dilakukan kemoterapi untuk memberantas semua sisa sel ganas.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga Anda lekas pulih ya.

0 Komentar

Belum ada komentar