Sukses

Kenali Gejala Sakit Maag

06 Feb 2017, 12:06 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat siang dok, saya siswa kelas 12 SMA ingin menanyakan kepada dokter mengenai apa yang saya rasakan.Sejak kelas 11,saya merasakan hal yang aneh dalam perut saya,mungkin pada usus.Saya mudah lapar,dan pada saat mulai lapar saya selalu menggembungkan perut saya sehingga bunyi suara ''krek'' .Tetapi kalau sedang kenyang tidak berbunyi.Terkadang juga seperti suara cacing,saya kira saya terinfeksi cacingan sehingga saya mengonsumsi kombantrin.Tetapi tetap saja seperti biasa.Dan saya tidak pernah merasakan sakit sedikit pun.Sebagai tambahan pola makan saya kurang teratur,saya terkadang makan hanya 2 kali sehari dan bahkan 1 kali,selebihnya makan makanan lain.Tambahan kalau lagi kenyang jika perut digembungin permukaanya tidak merata terkadang bagian tengah tidak ikut menonjol,dan terkadang bagian sampingnya yang tidak ikut menonjol.Mohon bantuan dan sarannya dok,terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Saudara yang terhormat, 
Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda raskan kemungkinan karena penyakit mag (maag). Maag merupakan gangguan lambung karena asam lambung yang tinggi atau udara di saluran pencernaan yang terlalu banyak. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Keluhan bunyi "krek" yang Anda rasakan dapat terjadi akibat udara yang terlalu banyak bergerak di saluran pencernaan. Kebiasaan makan tidak teratur dapat mencetuskan dan memperberat sakit maag.

Bila benar anda terkena maag maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat memperburuk gejala.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar