Sukses

Waspada, Maag Kronis Mengintai Anda

06 Feb 2017, 12:07 WIB
Pria, 30 tahun.

Mau nanya dok saya orangnya dulu kuat makan tp beberapa tahun yang lalu saya malas makan terus saya msk rumah sakit di opname 3 hari soalnya waktu mau makan langsung muntah terus pucat jadi saya di bawa ke rumah sakit setelah keluar dirmah sakit saya buang air besar dengan adanya gumpalan darah di feses setelah itu berat badan saya turun drastis dan sering nyeri ulu hati dada sebelah kiri biasa nyeri dan kepala sering sakit dan leher tegang sudah periksa darah semua normal tensi klu pagi 120 dan malam 140 mau nanya saya skt apa dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima Kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Berdasarkan keluhan yang Anda alami kemungkinan Anda mengalami gastritis kronis. Gastritis kronis merupakan peradangan pada lapisan permukaan mukosa lambung yang terjadi dalam jangka waktu lama tanpa penyembuhan yang maksimal. Nyeri perut serta gejala sakit maag yang dirasakan dapat terjadi perlahan-lahan dari waktu ke waktu, berbeda dengan gastritis akut yang muncul secara tiba-tiba. Gastritis kronis dapat menimbulkan beberapa komplikasi antara lain:

  1. Tukak lambung
    Luka yang lebih mendalam di lapisan lambung. Kondisi ini dapat menyebabkan kebocoran dan perdarahan pada lambung.
  2. Anemia
    Perdarahan yang berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan anemia.
  3. Kekurangan Vitamin B12.
    Vitamin B12 penting dalam pembentukan sel darah merah dan sel-sel saraf. Penyerapan vitamin ini terjadi di lambung dan usus. Gastritis kronis adalah keadaan yang menyebabkan peradangan kronis pada lambung sehingga terjadi kerusakan pada sel-sel mukosa lambung, dengan demikian terjadi gangguan penyerapan di lambung maupun usus.
  4. Kanker.
    Gastritis kronis meningkatkan risiko untuk terjadinya pertumbuhan abnormal dari sel-sel lambung, dapat berupa jinak atau ganas, oleh karena peradangan yang terjadi terus menerus. Helicobacter Pylori merupakan factor penyebab utama pada kondisi gastritis kronis yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung bila tidak diobati. Kanker lambung yang dimaksud adalah Mucosa-associated Lymphoid Tissue (MALT).

Pengobatan yang dilakukan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter Spesialis Penyakit Dalam. Dokter akan melakukan wawancara dan beberapa pemeriksaan lanjutan seperti salah satunya adalah endoskopi untuk melihat kondisi saluran cerna Anda apabila dicurigai kemungkinan adanya perlukaan lambung (ulkus gaster) maupun komplikasi lainnya sehingga penanganan dapat dilakukan secara tepat sasaran. Hindari segala macam pencetus yang menyebabkan maag Anda kambuh seperti telat makan, makan-makanan yang pedas/asam, stress, kopi, dan lain-lain.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar