Sukses

Wajah yang Tidak Pernah Berhenti Berjerawat

05 Feb 2017, 00:00 WIB
Pria, 31 tahun.

Sejak SMA saya berjerawat dan jerawatnya selalu tumbuh smpewajah saya penuh jerawat, dan bekasnya pun ga pnh bs hilang. Saya sudah pke obt jerawat merk apa2 tp td ada hasil.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.
Halo! Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan stress, faktor hormonal, kelenjar minyak terlalu aktif, bakteri di pori-pori kulit ataupun keturunaan dari orang tua. Oleh sebab itu, pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut.

Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.


Pengaruh makanan terhadap jerawat memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu tertentu memberikan hasil yang terbaik, maka sebaiknya diet rendah lemak, rendah karbohidrat dan membatasi konsumsi produk susu  harus dipertahankan.

Kulit berminyak bisa dimiliki oleh semua perempuan dari usia muda hingga lanjut. Aktivitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan adalah penyebab utamanya. Tak heran kulit berminyak mudah dikenali dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengilap. Mengubah pola asupan nutrisi sehari-hari dapat mengatasi masalah kulit berminyak.


Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat.
Cucilah muka dengan sabun muka khusus untuk jerawat atau dengan sabun bayi setidaknya 2 kali sehari, terutama setelah beraktivitas atau berkeringat. 

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan kondisi wajah Anda secara langsung ke dokter kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan diberikan penanganan yang sesuai,


Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar