Sukses

Anak Sembelit, Karena Susu Formula?

05 Feb 2017, 00:00 WIB
Pria, 35 tahun.

hai dok.. saya punya anak usia 8bln .. punya msalah dgn sembelit,pdhl sy.sering ksih buah paya n sayur .keenceran mknan juga sy perhatikan. tp knp y ttp susah pup nya??saya suka kasih campur sufor di mknannya .apa itu pengaruh dok ?? (kebetulan anak saya itu msih asi,cm mknnya yg saya kasih sufor),apa sembelit pengaruh juga susaah buang angin dok ??sometimes klo mau bgun tidur pagi suka nangis n ga mau di gendong,apa mau buang angin agak susah.. mohon bantuannya trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Halo! Kami memahami kekhawatiran Anda.

Sembelit pada ank dapat disebabkan karena konstipasi fungsional (sembelit tanpa gangguan organ), atau dapat juga karena gangguan organik, misalnya kelainan pada saluran cerna. Berikut ini adalah beberapa penyebab anak susah buang air besar:
Kurangnya asupan makanan yang mengandung serat
Kurangn minum/cairan
Mengonsumsi susu formula. Susu formula dapat mempengaruhi frekuensi BAB anak dan dapat memperparah konstipasi karena protein pada susu formula sulit dicerna.
Asupan makan kurang. Jika bayi atau anak sulit makan atau makan hanya sedikit, frekuensi BAB juga akan berkurang.

Pastikan kebutuhan cairan (minum) tercukupi, dan beri makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur.
Yang perlu anda khawatirkan adalah jika penurunan frekuensi BAB pada bayi anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi anda, kami sarankan sebaiknya anda segera membawa bayi anda ke dokter spesialis anak.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar