Sukses

Kebutuhan Multivitamin Untuk Dewasa

02 Feb 2017, 20:36 WIB
Pria, 26 tahun.

Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa, dok apakah baik saya mengkonsumsi vitamin enervon c dan neorobion Forte secara bersamaan ??

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pertama perlu dilihat alasan yang menjadikan anda mengkonsumsi suplemen & multivitamin tersebut? Apakah tidak tercukupi dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari?

Suplemen mineral dan vitamin hanya digunakan untuk mereka yang memang kekurangan zat-zat tertentu, malabsorbsi (gangguan penyerapan nutrien), dan mencegah cacat bawaan pada kehamilan (dengan asam folat). Jika anda bukan termasuk dalam kelompok individu yang kekurang vitamin dan mineral, maka pada umumnya kebutuhan akan zat tersebut telah tercukupi oleh makanan sehari-sehari.

Menurut jurnal Annals of Internal Medicine, konsumsi multivitamin tidak memiliki manfaat kesehatan jangka panjang dan justru harus dihindari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa multivitamin tidak memiliki efek terhadap kesehatan jantung, risiko kanker, kemampuan kognitif, maupun angka kematian.

  • Wanita yang berencana untuk hamil membutuhkan setidaknya 400mcg asam folat/hari yang dapat diperoleh dari makanan yang mengandung folat atau melalui suplemen.
  • Wanita hamil membutuhkan vitamin yang penting bagi kehamilannya seperti suplemen besi.
  • Orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 atau melalui suplemen B12.
  • Jika tidak dapat makan atau makan kurang dari 1600 kalori/hari.
  • Vegetarian yang hanya makan berbagai jenis makanan tertentu.
  • Wanita yang mengalami perdarahan berlebih sewaktu menstruasi.
  • Kondisi medis tertentu yang mempengaruhi penyerapan dan penggunaan nutrisi seperti: diare kronis, alergi makanan, intoleransi makanan atau penyakit hati, empedu, usus atau pankreas.
  • Baru saja menjalani operasi pada saluran cerna sehingga tidak dapat mencerna nutrisi dengan baik.

Memang tidak ada larangan untuk mengkonsumsi suplemen dan multivitamin, namun alangkah lebih baik jika anda dapat lebih bijak menentukan apakah suplemen tersebut lebih banyak mendatangkan manfaat ataukah tidak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar