Sukses

Luka Akibat Pisau Berkarat

02 Feb 2017, 15:30 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, tadi pagi jempol saya tergores pisau yg agak berkarat. Setelah itu lukanya saya cuci dengan de*tol antiseptic dan b*etadine. Saya mau nanya, apakah hal ini dapat menyebabkan penyakit tetanus dok ? Saya takut dok. Dan sebaiknya lukanya di kasih plester atau di biarkan terbuka saja ? Terima kasih atas perhatiannya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klik Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benda yang berkarat ketika melukai bagian tubuh dapat menyebabkan risiko terkena penyakit tetanus. Namun sebenanrya jika sudah melakukan imunisasi tetanus saat kecil, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Pada banyak kasus seperti Anda biasanya dilakukan insisi di daerah luka dan dibersihkan dengan antiseptik povidone-iodine hingga benar-benar bersih. Kemudian dokter biasanya meresepkan antibiotik untuk Anda konsumsi selama 3-5 hari untuk mencegah infeksi sekunder. Selain itu sebaiknya melakukan vaksin tetanus tambahan untuk lebih yakin agar terhindar dari tetanus.

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk pemberian vaksin serta pembersihan luka. Demikian informais yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar