Sukses

Apa itu Platelet-Rich-Plasma Treatment atau Vampire Facial?

02 Feb 2017, 10:56 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, pernah dengar PRP atau Vampire Treatment. Seberapa amankah sih dok treatment tersebut? Apakah itu rasanya sesakit seperti disuntik atau suntik ambil darah gitu dok?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

PRP Treatment atau Terapi Platelet-Rich-Plasma (PRP) sudah cukup banyak digunakan di dalam dunia kedokteran. Terapi PRP ini banyak digunakan dalam bidang ortopedi dan kedokteran olahraga karena dapat mengatasi nyeri akibat cedera tendon, otot, dan tulang.

Penggunaan PRP dalam bidang kecantikan masih terbilang baru dan biasanya dipakai untuk mengobati jerawat, bekas luka atau jerawat, dan kebotakan pada wanita. Selain itu juga untuk membuat kulit tampak lebih mudah dan lebih kencang.

Prinsip terapi PRP adalah menyuntikkan cairan plasma yang kaya kandungan trombositnya (platelet), yang berasal dari cairan darah sendiri. PRP ini mengandung stem cell/sel punca yang dapat berkembang menghasilkan sel-sel baru yang lebih sehat. Pada kulit, PRP disuntikkan melalui beberapa tusukan kecil di bawah kulit, dengan atau tanpa anestesi. Proses ini akan lebih kurang nyeri atau tidak nyeri bila diberikan topikal anestesi sebelumnya. Ketika PRP disuntikkan ke dalam area yang rusak, ia akan menstimulasi jaringan, kemudian memicu proses penyembuhan. Hasilnya, kolagen-kolagen baru akan terbentuk. Ketika kolagen ini matang, ia akan mengkerut kemudian mengencangkan dan menguatkan kulit.

Perbaikan tekstur dan kekencangan kulit dapat terlihat dalam 3 minggu. Regenerasi kolagen sepenuhnya akan terbentuk dalam 3 bulan. PRP dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Efek samping minimal berupa pembengkakan, memar dan kemerahan dalam 12-24 jam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar