Sukses

Anak Sembelit Setelah Ganti Susu

01 Feb 2017, 16:58 WIB
Wanita, 27 tahun.

Anak saya berumur 3 tahun..sebelumnya memimum susu morinaga chilkid platinum dengan takaran 5 sendok susu utk 180cc air. baru seminggu lalu ganti ke chilschool platinum 7 sendok takar utk 180cc air (anjuran pda kemasan) saat ini setiap BAB sakit susah dan berbentuk bulat cenderung keras. Apakah ada kesalahan pada takaran? Baiknya berapa takarannya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di www.klikdokter.com.

Ibu yang terhormat, takaran susu yang Anda berikan pada anak Anda sudah sesuai dengan yang seharusnya. Penyebab sembelit bukan hanya susu yang diberikan.

Sembelit atau kesulitan buang air besar pada anak bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, yang paling sering diantaranya adalah:

  1. Kekurangan asupan cairan
  2. Kekurangan asupan serat
  3. Kurang bergerak

 

Cobalah memberikan air putih lebih banyak atau mengencerkan susunya. Serta memberi anak Anda sayuran dan buah sebagai sumber serat. Selain itu, beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Lakukan beberapa latihan gerakan melingkar pada kaki seolah-olah sedang mengayuh sepeda. Ajaklah Si Kecil bermain permainan yang banyak menggerakkan kaki, seperti mengejar bola atau jenis permainan lain yang sejenis.

  2. Lakukan pijatan pada perut anak Anda. Ketika Anda memijat perut Si Kecil, lakukanlah dengan meletakkan jari Anda pada posisi tiga jari di sisi kiri bawah pusar dan tekanlah secara perlahan dengan ujung jari Anda. Lakukan tekanan lembut tapi konstan selama kurang lebih tiga menit.

  3. Untuk anak Anda, cobalah untuk menambahkan air pada susu formulanya. Selain itu, tanyakan kepada dokter mengenai jenis susu formula lain yang mungkin sesuai dengan keadaan anak yang sedang sembelit tersebut. Pengonsumsian jenis susu formula yang sesuai dengan keadaan anak yang sedang sembelit dapat membantu mengatasi masalah sembelit pada anak tersebut.

  4. Perbanyak konsumsi air putih, dan perbanyak konsumsi makanan berserat. Namun, kurangi untuk mengonsumsi jenis makanan, seperti beras, pisang dan wortel yang sudah dimasak karena dapat memicu terjadinya sembelit (konstipasi).

  5. Para orangtua dapat mengajarkan pola buang air besar secara teratur kepada Si Kecil, serta mengajarkan toilet training agar anak terbiasa melakukannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar