Sukses

Tips untuk Pengendara Motor

01 Feb 2017, 07:30 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat siang dokter, saya mau tanya, tips sehat apa saja untuk pengendara sepeda motor agar tidak mudah letih dan dapat meminimalisir gangguan akibat sering berkendara menggunakan sepeda motor? terimakasih dokter,,, jawaban dokter akan sangat berharga bagi saya ??

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Sakit punggung adalah keluhan yang hampir dialami oleh sebagian besar orang. Sadar atau tidak, ada beberapa aktivitas harian yang ternyata dapat memicu terjadinya sakit punggung. Duduk atau menyetir dalam waktu lama ketika perjalanan yang panjang sering memunculkan keluhan pada sistem muskuloskeletal.

Keluhan pada sistem muskuloskeletal (otot, tulang) tersebut dapat timbul karena mempertahankan tubuh pada posisi tertentu dalam jangka waktu yang lama, melakukan gerakan repetitif, dan adanya tekanan pada area tertentu.

 

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan guna mencegah terjadinya sakit punggung, yakni:

1. Perbaiki sikap badan

Tetap diam di satu posisi dalam waktu lama adalah penyebab utama timbulnya rasa kaku dan sakit punggung. Saat duduk di di motor, pastikan Anda duduk tegak dengan posisi yang nyaman.

2. Duduk secara benar

Duduklah dengan lurus untuk mengurangi tension pada salah satu sisi punggung. Pada beberapa pengendara motor, posisi tubuh saat mengendarai motor ada yang miring ke satu sisi, ini adalah posisi yang rentan menyebabkan nyeri punggung setelah berkendara dalam waktu yang lama.

3. Menyetir dengan nyaman

Duduk lama dalam posisi membungkuk mengakibatkan sakit punggung. Saat memiliki kesempatan berhenti misalnya dalam keadaan macet atau di lampu APILL, lakukan sedikit peregangan dengan melemaskan punggung. Berdirilah dari motor dan regangkan pinggang sedikit ke kanan dan ke kiri.

 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah dan menghilangkan rasa ngantuk saat mengendarai sepeda motor:

1. Istirahat sejenak

Ada baiknya Anda sejenak berhenti untuk istirahat. Gerakkan badan Anda yang mulai terasa kaku karena terlalu lama duduk di atas motor. Jika perlu segarkan kondisi tubuh Anda dengan mencuci muka, makan atau minum di rumah makan.

2. Ajak teman yang dibonceng untuk ngobrol

Bisanya rasa ngantuk muncul karena Anda terlalu bosan dan sunyi dalam perjalanan. Oleh karena itu hindari menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor sendirian. Sebaiknya ajak teman, sehingga Anda punya teman yang bisa diajak mengobrol.

Namun pastikan konsentrasi Anda tetap fokus saat mengendarai kendaraan. Jangan sampai terlalu asyik ngobrol malah membuat Anda tidak waspada dalam berkendaraan.

3. Sekali-kali buka kaca helm Anda

Kondisi muka tertutup dengan kaca helm sering membuat mata terasa lelah dan kekurangan udara. Oleh karena itu, sekali-kali buka kaca penutup helm Anda untuk menyegarkan muka. Namun jangan terlalu lama dan sering, karena hal tersebut tidak aman bagi keselamatan pengendara. Buka seperlunya saja, saat Anda membutuhkan udara segar agar tidak terlalu mengantuk.

4. Mengunyah permen karet

Gerakan otot mulut dan sensasi rasa permen karet dapat meningkatkan daya konsentrasi Anda dalam mengendarai kendaraan. Karena itu, selalu kantongi permen karet saat menempuh perjalanan jauh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar