Sukses

Berat Badan Turun Drastis dalam 4 Bulan

31 Jan 2017, 15:58 WIB
Pria, 47 tahun.

Selamat sore dokter, Saya ingin bertanya masalah penurunan berat badan. Apakah normal penurunan berat badan 15kg dalam 4 bulan? Ceritanya bulan 8 s.d. 10 2016 saya sibuk mengurus skripsi di kampus, apa iya hal ini berpengaruh pada penurunan berat badan saya pada saat itu yang turun 10kg? Kemudian bulan 1 ditambah lagi ada beban pikiran membuat berat badan saya turun lagi 5kg. Jadi dari 85 kg turun mejadi 70 kg. Mohon penjelasannya Dokter, terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di www.klikdokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Berat badan yang turun drastis dapat disebabkan oleh berbagai penyakit seperti penyakit gula darah, penyakit TBC, masalah makan dan kurangnya asupan nutrisi, stress psikologis dan gangguan depresi, aktivitas berat berlebihan, gangguan saluran cerna, penyakit hormon tiroid, hingga penyakit kronis seperti tumor dan HIV.

Dari keluhan yang Anda sampaikan di atas, kemungkinan karena stress psikologis atau aktivitas berlebihan. Tidak menutup kemungkinan terdapat gangguan hormon tiroid, dan penyakit kronis. Namun untuk memastikannya, Anda perlu diperiksa langsung oleh dokter. Dokter yang kompeten menangani kasus Anda adalah dokter spesialis penyakit dalam. kami menyarankan Anda untuk kembali berobat ke dokter  spesialis penyakit dalam agar dokter dapat mewawancari lebih detail dan melakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang yang lebih detail untuk menemukan penyebab penurunan berat badan drastis. Namun demikian, perlu diketahui bahwa untuk mengetahui penyebab penurunan berat badan drastis dan pengobatannya, umumnya tidak dapat diketahui hanya dari 1 kali pemeriksaan saja. Oleh karena itu, ada kemungkinan dokter akan meminta Anda untuk beberapa kali berkonsultasi untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar