Sukses

Kacamata Saat Olahraga

31 Jan 2017, 00:08 WIB
Wanita, 0 tahun.

saya mau bertanya, saya punya teman berusia 16 thn tapi sebentar lagi menginjak 17 thn. tinggi nya 165cm dengan berat badan 50 kg. golongan darah B. ia memiliki masalah di pengelihatannya, rabun jauh. ia sedikit terganggu dengan hal itu ketika melakukan aktifitas olahraga yaitu basket. yang ingin saya tanyakan yaitu, solusi terbaik ketika berolahraga agar penglihatan tetap baik. apakah ia boleh menggunakan hard lens? dan apakah itu cukup aman? masalahnya ia bermain basket yg menyebabkan adanya body contact antar pemain. tetapi untuk sehari hari ia lebih memilih menggunakan kaca mata. terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Sebelumnya kami ingin sedikit menjelaskan mengenai mata minus.

Mata minus atau Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi jika kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina. Pada dasarnya, progresivitas rabun jauh akan menjadi stabil mulai usia 20 tahun, artinya minus tidak akan bertambah, atau kalaupun bertambah hanya sedikit.

Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak.  Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK).

Sedangkan untuk pertanyaan Anda mengenai lensa kontak: lensa kontak apakah yang Anda gunakan? Apakah lensa kontak harian (sekali pakai dan buang)/bulanan/3 bulanan? Apakah Anda sudah merawat lensa kontak Anda dengan tepat? Apakah sewaktu menggunakannya dan melepasnya Anda melakukannya dengan tepat dan higienis?

Penggunaan lensa kontak pada mana minus sebenarnya bergantung pada jenis olahraganya dan juga cara perawatannya. Dengan perawatan yang baik dan digunakan pada olahraga-olahraga yang tidak terlalu berat atau masuk ke dalam air maka tidak bermasalah. Hal ini juga bergantung dari tingkat minus mata Anda, jika masih dapat melihat dengan cukup baik dan tidak memerlukan ketepatan (misal: panahan, lempar lembing) maka tidak masalah untuk tidak menggunakan alat bantu menglihat. Namun, jika Anda berpikir serius untuk menjadi atlet maka Anda mungkin dapat mempertimbangkan LASIK.

 

Untuk informasi lengkap Anda, saya sertakan artikel mengenai: 

3 Jenis Contact Lens

5 Tips Merawat Kontak Lensa

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar