Sukses

Penanganan Wasir

29 Jan 2017, 16:00 WIB
Pria, 24 tahun.

Berapa lama penybuhan setelah operasi wasir? apakah ada kemungkinan wasir kembali lagi sesudah operasi?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Wasir masih dapat terjadi lagi walaupun sudah dioperasi. Wasir atau dikenal dengan hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. 

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

  • Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
  • Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. 

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II      : wasir keluar dari rektum saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III   : wasir keluar saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus didorong kembali dengan tangan
  • Grade IV   : wasir keluar dari rektum namun tidak dapat dimasukkan kembali

Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. Penggunaan obat anti-hemorrhoid yang dimasukan lewat dubur bermanfaat untuk mengurangi gejala. 

Jika wasir yang anda masuk derajat 3 atau 4 dan sangat mengganggu, maka anda membutuhkan tindakan pembedahan/operasi. Silahkan konsultasikan masalah Anda kepada dokter spesialis bedah untuk menentukan tindakan selanjutnya. 

Berikut ini adalah pertanyaan pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh penderita wasir.

1. Kalau pas kambuh seperti itu, apa yang harus saya segera lakukan?

  1. Jangan menahan BAB

Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.

 

  1. Duduk dalam air hangat

Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehati selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.

2. Kenapa BAB saya bisa seperti itu?

Bisa jadi karena Anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Serat dapat membantu memperlancar BAB sehingga resiko terjadi wasir pun terhindari.

3. Apakah ada alternatif lain selain bedah atau operasi?

Penanganan wasir tergantung pada stadium nya. Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

4. Apakah berbahaya saat berhubungan intim ?

Pada umumnya wasir dan hubungan seksual tidak ada pengaruh. Yang penting lakukan pencegahan seperti yang ditulis diatas saja. 

Kami juga menganjurkan agar suami Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis bedah. 

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul: 

Wasir (Hemorrhoid)

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

7 Tips Mencegah Sulit BAB

Mengenal Serat Lebih Dekat

10 Makanan Kaya Serat

Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar