Sukses

Wajah Bebas Jerawat Saat Hamil

19 Jan 2017, 10:13 WIB
Wanita, 23 tahun.

haii dok, saya mau tanya, kalau mengonsumsi obat buat bersih darah saat hamil trimester pertama apakah boleh ? soalnya jerawat saya sangat2 banyak sekali full satu muka dan sakit gatal gitu . terimakasih dok

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Jerawat sangat umum terjadi pada kehamilan. Kemunculannya umumnya terjadi pada trimester pertama akibat peningkatan hormon progesteron yang cepat. Semakin tinggi peningkatan hormon ini, produksi minyak wajah pun semakin banyak. Kondisi ini memudahkan jerawat untuk tumbuh subur. Pada trimester kedua dan ketiga, jerawat akan berkurang dengan sendirinya, sebab hormon lain yaitu hormon estrogen mulai meningkat kadarnya. Efeknya merupakan kebalikan dari hormon progesteron.

Mengatasi jerawat saat hamil perlu dikonsultasikan dengan dokter kulit dan dokter kandungan. Sebab, banyak obat jerawat yang dijual bebas maupun obat resep yang berisiko tinggi menyebabkan gangguan janin. Obat apapun dengan risiko sekecil apapun yang dapat mengganggu kehamilan dan janin sebaiknya dihindari.

Karena itu, hal yang paling aman untuk mengatasi jerawat saat hamil adalah dengan menghindari segala macam obat jerawat baik obat resep maupun obat bebas. Jika perlu sekali menggunakan obat-obatan ini, harus sepengetahuan dokter kandungan yang merawat Anda atau oleh dokter kulit. Selalu bicarakan dengan dokter Anda apa penanganan yang terbaik dan teraman untuk Anda dan kehamilan Anda.

Yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi jerawat saat hamil adalah dengan cara-cara berikut:

  1. Cucilah wajah dengan sabun pembersih yang lembut sebanyak 2x sehari. Paling aman menggunakan sabun bayi. Jangan terlalu sering menggunakan facial scrub karena akan membuat kulit Anda mudah iritasi dan berjerawat.
  2. Cuci rambut secara rutin, 1-2 hari sekali.
  3. Jangan memegang-megang jerawat atau mencoba mengeluarkannya sendiri karena rentan mengalami infeksi dan berbekas.
  4. Hindari iritan seperti kosmetik yang berminyak, tabir surya, produk-produk rias rambut atau penutup komedo/jerawat. Gunakan produk-produk yang non-komedogenik (water-based) yang berarti lebih tidak membuat jerawat.
  5. Perhatikan apa yang menyentuh kulit Anda. Jaga agar rambut selalu bersih dan tidak menutupi wajah Anda. Juga hindari bertopang dagu agar tangan tidak mengotori wajah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar