Sukses

Nyeri Perut Pasca Latihan

19 Jan 2017, 05:11 WIB
Pria, 19 tahun.

Mau tanya dok saya suka fitnes dan sempat berhenti 9 bulan. sekarang saya mulai rutin lagi, sekarang kalau saya melakukan olahraga yang banyak mengandalkan otot perut dalam jumlah tertentu sering terjadi sakit dibagian perut bawah sekitar tiga jari dibawah pusar. rasa sakitnya tidak terlalu terasa kalau saya berhenti. menurut dokter apakah itu cidera biasa atau ada gejala penyakit?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Latihan yang ditujukan untuk menguatkan otot-otot perut dapat menyebabkan nyeri bila lama tidak dilakukan secara rutin, seperti pada kasus Anda. Bila nyeri ini terasa berlebihan selama 1-2 hari setelah latihan, kemungkinan latihan yang Anda lakukan 'berlebihan' untuk otot tersebut sehingga intensitasnya perlu dikurangi. Misalnya bila Anda melakukan 2 set latihan, dikurangi menjadi 1 set saja. Untuk gerakan-gerakan yang 'berat' bagi otot perut, jumlah pengulangannya pun dapat dikurangi. Ketika Anda sudah mendapatkan intensitas dan frekuensi latihan yang kurang menimbulkan nyeri setelahnya, Anda baru dapat menambah frekuensi latihan yang dirasa berat hingga mencapai jumlah yang semestinya tanpa muncul nyeri setelahnya. Baru setelah itu, bisa dilakukan penambahan set kedua.

Nyeri perut pasca latihan ini merupakan respon normal dari otot-otot yang dilatih. Puncaknya ialah 24-48 jam setelah latihan yang kemudian akan berkurang nyerinya secara perlahan. Tetapi bila Anda mengalami nyeri yang tiba-tiba, tajam dan tidak berkurang setelah 48 jam, segera periksakan ke dokter.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi nyeri otot perut pasca latihan:

  1. Konsumsi obat antinyeri seperti ibuprofen atau parasetamol untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  2. Mandi air dingin atau kompres dingin (dengan es batu yang dibungkus kain/handuk) area perut. Kompres dingin bertujukan untuk mengurangi bengkak dan nyeri yang mulai muncul. 
  3. Kompres hangat untuk mengurangi rasa kram pada perut. Lakukan 2 x 15 menit sehari untuk melemaskan otot-otot perut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar