Sukses

Kelopak Mata Mengendur

20 Jan 2017, 19:40 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok kelopak mata saya kendur,apakah faktor genetik?adik saya juga mengalami hal tersebut tapi saya baru 15-17th ini,bagaimana cara mengatasinya?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Mata merupakan salah satu tanda penuaan yang muncul paling awal. Kantung mata merupakan salah satu keluhan yang umum dikeluhkan. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk menjaga mata terlihat muda dan bebas kantung mata:

  1. Jangan merokok dan selalu aplikasikan tabir surya di kulit sekitar mata. Merokok dan pajanan sinar ultravioletmelemahkan kolagen dan dapat menyebabkan munculnya keriput dan “turunnya” kulit mata.
  2. Gunakan pelembab pada area mata pada malam hari. Pelembab jenis apa pun dapat memberikan hidrasi yang diperlukan oleh area tersebut.
  3. Gunakan krim vitamin A atau asam retinoid (tretinoin) sebagai regimen perawatan kulit harian. Regimen ini digunakan untuk mencegah keriput dan memperbaiki garis-garis kulit wajah yang sudah ada.
  4. Untuk mengatasi mata yang bengkak, gunakan sendok yang sudah didinginkan, potongan timun, atau kantung teh yang sudah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin yang ada dapat mengurangi pembengkakan yang ada.
  5. Ganti posisi tidur. Posisi tidur dapat berkontribusi terhadap timbulnya kantung mata. Karena daya gravitasi, tidur dalam posisi miring atau tengkurap menyebabkan cairan terkumpul di bawah mata. Sebaiknya tidur dalam posisi terlentang dan gunakan bantal ekstra.
  6. Hindari menggosok-gosok mata, tidur tanpa membersihkan make-up, minum minuman alkohol dalam jumlah berlebih yang menyebabkan dehidrasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

2 Komentar

  • Ron******awan

    Dan juga agak ada kehitam hitaman di bagian kelopak mata saya

  • Ron******awan

    Maaf Bu Dokter, yang dimaksud tidur dengan bantal ekstra itu apa maksudnya dan bagaimana posisi kepala saya, apakah harus dengan bantal yang tinggi/ bagaimana Bu Mohon bantuannya ya Bu Terima kasih..