Sukses

Tes Pack Negatif, Bisa Hamilkah?

18 Jan 2017, 20:50 WIB
Wanita, 33 tahun.

Assalamu'alaikum Sy baru menikah 4 bulan, per hari ini (17 Jan 2017) saya terlambat menstruasi 4 hari. Menstruasi terakhir 15 Desember 2016, siklus rata rata 29 hari. Tgl 5 Januari 2017, sempat ke Spog utk promil, dikasih vitamin Nevra plus dan didiaagnosa ada kista di sebelah kanan. Seharusnya saya haid tgl 13 jan, namun sampai sekarang blm haid, di testpack hasilnya NEGATIF. Pertanyaan saya, apakah saya kemungkinan hamil ? Sebagai informasi, saya berhubungan dgn suami tgl 24 - 26 Desember 2016 dan 7 - 9 jan 2017. Mohon penjelasannya dokter. Terimakasih Wassalamu'alaikum wr wb

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salah satu penyebab terlambat haid adalah kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif.

Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Selain itu, tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Menstruasi yang tidak teratur memang merupakan salah satu efek samping dari pil KB (bisa lebih jarang ataupun lebih sering). Efek samping lain yang juga dapat ditemukan, antara lain:

  • Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi

  • Rasa nyeri payudara

  • Sakit kepala

  • Mual

  • Rasa kembung

  • Peningkatan berat badan (jadi harus meningkatkan aktivitas fisik)

  • Tidak menstruasi (lebih sering pada KB suntik)

Untuk memastikan apakah terjadi kehamilan juga perlu didukung dengan dilakukan pemeriksaan pasti. Untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat diketahui apakah penyebab terlambat haid istri Anda adalah kehamilan atau bukan.

Untuk informasi lengkap  mengenai tanda dan pemeriksaan kehamilan, kami sertakan artikel: Tanda-tanda Kehamilan dan cara Memastikan Kehamilan.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar