Sukses

Tangan & Kaki Berkeringat, Hipertiroid

18 Jan 2017, 16:03 WIB
Pria, 17 tahun.

dok apa benar saya terkena Penyakit Hipertiroidisme, tangan dan kaki saya suka berkeringat, tangan juga kadang-kadang bergetar(tremor). penyakit ini bisa di sembuhkan dengan non medis ngga dok? saya merasa terganggu disaat bekerja.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Telapak tangan dan telapak kaki yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. 

Keluhan Anda tersebut juga dapat disebabkan banyak kemungkinan, seperti masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Mengenai psikis terjadi karena faktor psikologis (stress). Namun belum tentu Anda mengalami hipertiroid. Perlu dilakukan pemeriksaan hormonal lebih lanjut mengenai kondisi Anda. 

Berikut beberapa terapi hiperhidrosis :

  • Deodorant dengan resep dokter

Deodorant atau anti perspirant yang dijual bebas seringkali tidak dapat membantu menyelesaikan masalah hiperhidrosis sehingga dokter akan meresepkan produk tertentu yang memiliki efek yang lebih kuat

  • Obat-obatan

Obat-obatan yang diberikan antara lain bertujuan untuk menghalangi kerja saraf yang memicu kelenjar keringat

  • Injeksi botoks

Berfungsi untuk menghalangi kerja saraf kelenjar keringat

  • Tindakan bedah

Tindakan bedah antara lain bertujuan untuk mengambil kelenjar keringat berlebih atau memblokade saraf kelenjar keringat

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter penyakit dalam untuk evaluasi dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar