Sukses

Anak Hanya Mau Menyusu Langsung

14 Jan 2017, 12:32 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok, anak saya umur 8bln 3minggu, sudah bisa rambatan, makan nya suka sekali tapi kalau minum susu tidak mau kecuali langsung asi dari saya ( maaf nenen ) sudah saya coba sufor merck apa aja tdk mau, asi dibotol kadang mau kadang enggak (note saya bekerja) gimana solusinya ya dok soalnya anak saya berat badannya baru 6,8 normal gak sih. blm tumbuh gigi juga pdhl gusi sudah bengkak dan air liur banyak suka gigit2 juga. tolong bantu jawab ya dok. terima kasih

 

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Bagaimana perkembangan berat badan anak Anda sejak lahir? Makanan pendamping ASI apakah yang anak Anda konsumsi sehari-hari? Bagaimana dengan jadwal makannya?

Untuk anak usia 6-12 bulan rata-rata pertumbuhan berat badan adalah 50-80 grams/minggu. Menurut tabel pertumbuhan berat badan (WHO) di usia 8-9 bulan, untuk anak perempuan antara (7.9-8.2 kg) dengan berat badan ideal 8,2 kg. Untuk panjang badan usia 8-9 bulan , perempuan 70 cm dan laki-laki 72 cm. Berdasarkan rujukan tersebut, kondisi berat badan anak Anda termasuk kurang untuk berat badan rata-rata anak seusianya. Namun, karena Anda tidak menyebutkan berapa panjang badan anak Anda, maka kami tidak dapat memastikan apakah berat badan anak Anda ideal atau tidak jika dibandingkan dengan panjang badannya.

Bagi ibu yang bekerja, Anda masih dapat terus memberikan ASI kepada anak Anda dengan cara memompa atau memerah ASI. ASI yang diperah tak harus diberikan dalam botol dot, jika anak Anda tak mau lewat dot Anda dapat memberikan melalui metode lain seperti sendok, cup feeder atau karena usia anak Anda sudah 8 bulan anda dapat memberikannya melalui sippy cup ataupun straw cup(sedotan). Selain itu, diusia anak Anda selain ASI, asupan makanannya pun perlu diperhatikan. Anda dapat memberikan makanan padat tinggi karbohidrat , lemak dan protein untuk menambah berat badannya. Berikan jadwal makan yang teratur dan bertahap hingga 3x sehari dan diselingi cemilan diantaranya sebanyak 2x.

Mengenai gigi Anda pun tak perlu khawatir, terus saja stimulasi anak Anda dengan memberikan makanan atau cemilan yg mulai agak padat sehingga gusi anak Anda akan terangsang dan gigi dapat tumbuh. Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/-  6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Apabila dengan melakukan perbaikan pola dan jenis makanan yang diberikan berat badan anak Anda tidak kunjung naik, sebaiknya Anda mengkonsultasikan lebih lanjut kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak Anda  untuk evaluasi lebih lanjut penyebab yang mendasari dan tatalaksana yang optimal.

Semoga bermanfaat.

salam

0 Komentar

Belum ada komentar