Sukses

Ejakulasi Terhambat

10 Apr 2015, 13:14 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok mau nanya..knpa ya sy tidak bisa memuntahkan sperma di saat berhubungan.trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Gangguan ini dikenal dengan ejakulasi terhambat, ejakulasi yang terlalu lama dan tidak kunjung keluar meskipun berhubungan intim sudah berlangsung agak lama. Ejakulasi yang normal adalah ketika seoorang pria dapat mengatur kapan dia akan berejakulasi.

Penyebabnya bisa dari beberapa faktor, antara lain :

  • Kecendrungan untuk melihat pornografi,yang membuat pria makin rutin masturbasi, sehingga terbiasa dan mampu mempertahankan ereksinya sebelum akhirnya orgasme dan ejakulasi ketika berhubungan intim di kehidupan nyata. Stimulasi intens yang didapatkan secara visual ini membuat Anda sulit mencapai klimaksnya ketika mendapatkan rangsangan dari pasangan Anda yang sebenarnya.
  • Dalam Kondisi stress, dapat mengganggu berbagai sistem yang ada di dalam tubuh. Salah satu dari hasil stress ini adalah adanya masalah pada hubungan seksual yang disebabkan oleh adanya kesulitan ejakulasi. Stress ini berasal dari masalah rumah tangga, masalah pekerjaan, ataupun hal lainnya
  • Semakin tua seorang pria, otot-otot yang bekerja pun akan menurun kekuatannya, dan menjadi semakin lembek. Hal ini juga berpengaruh pada otot yang berada pada alat kelamin pria dan dapat mengurangi fungsi ejakulasi. Namun, tentunya pada usia 26 tahun, faktor prnyebab ini dapat disingkirkan pada kasus Anda.
  • Adanya gangguan sistem saraf juga dapat mengganggu saraf-saraf yang berhubungan erat dengan orgasme dan alat kelamin yang tentu saja dapat mengganggu ejakulasi.
  • Terlalu memikirkan kepuasan istri, sementara tidak memikirkan kepuasan dalam berhubungan seksual pada diri sendiri. Hal ini sebenarnya tidak baik karena jika Anda terlalu fokus pada kepuasan istri, maka Anda dapat melupakan adanya cara yang baik yang harusnya dapat diterapkan dalam hubungan suami istri.
  • Penggunaan Beberapa jenis obat-obatan dapat memberikan efek samping sulitnya ejakulasi. Obat-obatan yang paling sering menyebabkan hal itu adalah anti depresi. Sebuah riset yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine pada Mei 2009, membuktikan pria yang mengonsumsi obat anti depresi tujuh kali berisiko mengalami masalah sulit ejakulasi ini. Obat-obatan untuk mengatasi tekanan darah tinggi, gejala demam, insomnia, dan kegelisahan juga memiliki efek samping sejenis. Namun bukan berarti obat-obatan tersebut dapat digunakan pada kasus sebaliknya, yaitu ejakulasi dini.
  • Mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan bisa mempengaruhi kemampuan untuk ereksi dan mempertahankannya. Tak hanya itu saja, kemampuan untuk ejakulasi juga terkena dampaknya. Alkohol dapat memperlambat aktivitas otak yang sebenarnya dibutuhkan untuk mencapai orgasme.
  • Walaupun mudah bergairah ketika mulai berhubungan intim namun karena ada masalah emosional, Anda bisa jadi sulit fokus untuk mencapai klimaks. Masalah emosional ini bisa terjadi karena Anda terlalu mengkhawatirkan performa saat berhubungan intim. Atau bisa juga memikirkan masalah di luar urusan tempat tidur, seperti ekonomi, pekerjaan atau pertengkaran.

Untuk mengobati ejakulasi yang pertama dilakukan adalah mencari penyebabnya, jika penyebabnya adalah masalah psikologis maka pengobatannya cukup melalui psikoterapi atau konseling. Dan jika disebabkan oleh faktor fisik maka harus menggunakan obat-obatan, tentunya dengan saran dokter yang telah memeriksa Anda. Anda dapat mengunjungi dokter umum terdekat, dan bila dirasa keluhan ini berat, dokter dapat merujuk Anda kepada spesialisasi terkait.

Pada dasarnya tidak ada batasan waktu yang tepat berapa lama seorang pria mestinya sudah berejakulasi. Yang paling penting adalah hubungan seksual harus memuaskan kedua belah pihak. Kalau istri sudah bisa puas dengan hanya 1 menit berhubungan maka ejakulasi setelah 2 menit tidak masalah, begitu juga sebaliknya, jika istri sulit orgasme dan baru setelah 30 menit bisa mencapai orgasme maka hubungans seks 25 menit juga sudah termasuk ejakulasi dini.

Tapi walaupun demikian, untuk batasan normal  biasanya diambil angka rata-rata berapa lama wanita mencapai orgasme, yaitu antara 7-15 menit. Kurang atau lebih dari itu biasanya disebabkan karena adanya gangguan seksual.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar