Sukses

Haid Tidak Teratur

15 Apr 2015, 22:53 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat siang dokter saya ingin menanyakan ttg mslh saya mengenai menstruasi saya selalu mngalami kemunduran jadwal mens, misal bulan ini saya mens tgl 10 bulan depan pasti mundur 1 minggu yaitu di tgl 17. nah bulan november kmrn saya mengalami hal yg tdak biasa dikarenakan tiba" saya mngalami flek kecoklatan pda tgl 10 nov ,, tiap pagi pasti muncul sama sperti mens penghabisan . itu sya alami slama sminggu flek" saja. dan dri tgl 10 nov kmrn sampai skrg tgl 11 Desember saya blummngalami mens sprti biasa'y ??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter 

Keluhan menstruasi Anda yang tidak teratur, dapat disebabkan oleh karena faktor ketidakseimbangan hormon, stres, kecapean, infeksi, genetik dan lain-lain. Untuk itu ada baiknya Anda selalu catat hari pertama menstruasi setiap bulannya, haid yang terlambat atau lebih cepat kira-kira 1 minggu masih dapat dianggap normal.

Apabila hal seperti ini selalu Anda alami, ada baiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Kandungan untuk dapat dievaluasi lebih lanjut. Memang ada beberapa orang yang mengalami menstruasi tidak teratur, bahkan beberapa bulan sekali, tapi normal karena  setelah diperiksa ternyata terjadinya ovulasi tidak setiap bulan. Hal tersebut dapat dianggap normal. Datanglah ke Dokter Kandungan dekat tempat Anda untuk dievaluasi .

Untuk masalah flek, adaya flek-flek darah yang keluar dari kemaluan bisa memiliki banyak arti. Sebelumnya, Kami ingin menanyakan bagaimana siklus haid anda? Apakah selama ini teratur? Timbulnya flek-flek darah dapat mengindikasikan adanya gangguan siklus haid akibat gangguan keseimbangan hormon atau dapat juga berasal dari perdarahan akibat infeksi di saluran reproduksi.


Flek darah yang terjadi akibat gangguan hormon biasanya disertai pula oleh perubahan dalam pola mesntruasi. Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada :

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pada pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Pada penderita obesitas
  • Orang dengan stres psikologis
  • Orang dengan aktivitas berlebih seperti atlit
  • Gangguan indung telur
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid
  • Dll.

Jika siklus haid anda tidak terganggu, bisa jadi flek-flek darah tersebut terjadi akibat adanya infeksi di saluran reproduksi anda. Disamping menyebabkan flek-flek darah, infeksi pada saluran reproduksi biasanya ditandai dengan adanya keputihan yang abnormal, yaitu keputihan yang berubah warna dari warna bening menjadi warna putih susu, keabuan, hingga kehijauan, dapat disertai bercak-bercak darah, berbau, banyak dan disertai oleh rasa gatal atau terbakar di daerah kemaluan.

Selain itu, luka lecet yang dapat terjadi pada saat hubungan seksual juga dapat menyebabkan flek perdarahan seringkali disertai dengan rasa nyeri. Jika karena hal ini maka flek perdarahan biasanya akan mereda.

Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar