Sukses

Batuk Pilek Bayi dan Pusar Berdarah

27 Jan 2017, 19:58 WIB
Pria, 1 tahun.

Bayi sy sdg flu dan batuk pdhl usianya msh 28 hr trus tiba2 pusarnya berdarah kira2 itu berbahaya tdk ya dok? Dan unt batuk dan influenza nya sy minum apa? Krn bayi sy ASI. Terimakasih banyak jwbnya.

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan

Anak kecil memang memiliki daya tahan tubuh yang relatif lemah, oleh karena itu lebih mudah terserang pernyakit bila dibandingkan dengan orang dewasa. Hingga usia 1 tahun, anak bisa sakit 8-12 kali pertahun. Selanjutnya, anak sakit rata-rata 6-8 kali.

Batuk dan pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi.

Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek sehingga terasa lebih nyaman. Anda juga dapat mengoleskn minyak kayu putih atau minyak telon pada dada bayi Anda sehingga bayi terasa lebih nyaman dan hangat. Jika terdapat dahak, yang paling dibutuhkan adalah cairan (ASI) untuk mengencerkan dahak.

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, atau jika batuk kering bayi Anda tidak juga kunjung sembuh maka segeralah menghubungi dokter anak, mungkin telah terjad infeksi bakteri dan diperlukan pengobatan antibiotik.

Mengenai tali pusat yang sudah puput tapi masih mengeluarkan darah, sebaiknya Anda segera membawa ke Dokter Anak untuk dievaluasi penyebab, dan penanganannya.  Yang dapat Anda lakukan sementara adalah membungkus bagian yang keluar darah dengan kassa steril yang dilumuri dengan larutan antiseptik.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar