Sukses

Rahang Berbunyi dan Terdapat Benjolan

27 Jan 2017, 23:16 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, sekitar 3 hari yang lalu saya bangun tidur dan merasakan sakit di bagian pipi dekat telinga kanan saya. Lalu menjadi seperti kaku. saat ditekan sedikit terasa sakit. Dihari berikutnya saya menemukan ada 2 benjolan kecil di bawah telinga saya (ujung rahang) itu. Saat saya menggerakkan mulut atau saat makan & menguap terasa kaku dan sakit. Area antara pipi dan benjolan itu terasa sakit dan nyeri. Kadang terasa gatal. Memang sebelumnya saya merasa kurang tidur dan tidak cukup untuk istirahat. Apa mungkin itu penyebabnya dok ? Mohon bantuannya, dan apabila diminta ke dokter, saya harus ke dokter spesialis apa ? Terima kasih.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan yang Anda maksud. Benjolan di daerah rahang paling sering disebabkan oleh kelenjar getah bening yang membesar. Kelenjar getah bening membesar biasanya karena infeksi, dapat infeksi bakteri, virus, maupun infeksi tuberkulosis kelenjar. Kelenjar getah bening leher juga dapat membesar bila ada infeksi atau luka di daerah mulut, misalnya gigi berlubang atau sariawan. Apakah ada sariawan atau gigi berlubang? atau adanya nyeri di gusi serta graham bungsu yang tumbuh tidak pada tempatnya?

Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, memang diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Selain itu, dengan pemeriksaan fisik pun biasanya belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya. 

Apabila benjolan semakin membesar/tidak menghilang dan semakin mengganggu, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa secara langsung agar jelas diagnosis dari benjolan tersebut.

Sedangkan kekakuan pada sendi rahang dapat diarahkan pada TMJ disorder  (TMD). TMJ disorder mempunyai  gejala yang khas yaitu kesulitan dalam membuka menutup mulut, dan gejala- gejala khas lainnya yang timbul pada gangguan ini meliputi gerak rahang yang terbatas, gerakan buka tutup mulut yang tidak sesuai jalur atau ada deviasi, Sakit pada daerah wajah, sakit  pada leher, sakit pada sekitar sendi rahang, bunyi seperti bunyi krek yang dapat disertai atau tidak disertai sakit pada saat membuka dan menutup mulut seperti pada keadaan yang Anda alami, rasa sakit atau tidak nyaman pada saat mengunyah makanan, kekakuan pada rahang, perubahan posisi gigitan gigi atas terhadap gigi bawah,dan  ada pula  gejala lain yang tidak spesifik seperti sakit pada telinga, kepala dan punggung.

Kelainan pada sendi rahang seperti yang kemungkinan besar Anda alami memang tidak terjadi tiba-tiba. Dapat disebabkan karena trauma, mungkin dulu pernah terbentur di daerah tersebut. Atau bisa juga karena kebiasaan buruk, sepertibruxism yaitu kebiasaan mengerat gigi pada saat tidur malam. Mungkin juga karena adanya perawatan gigi yang kurang baik kualitasnya (seperti tambalan atau mahkota tiruan) yang menyebabkan oklusi / penutupan gigi yang kurang nyaman sehingga rahang sedikit bergeser untuk mencari posisi yang nyaman saat menutup mulut.

Kelainan sendi rahang cukup berbahaya bila dibiarkan karena rasa sakit dapat menjadi lebih berat, dan sendi rahang dapat menjadi rusak, bergeser, atau diskusnya yang rusak. Oleh karena itu saya sarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodontik untuk mendapatkan perawatan. Bila ditangani secara dini, sendi rahang Anda dapat kembali seperti semula. Perawatan yang akan diberikan sangat bergantung kepada kasus.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesiali gigi untuk mengatasi keluhan Anda.

Semoga bermanfaat. (TRY)

0 Komentar

Belum ada komentar