Sukses

Makanan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat

25 Jan 2017, 18:53 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat sore , dok.. saya ingin bertanya mengenai pola makan , saya sedang dalam program ingin memiliki kulit yg sehat tp juga ingin sedikit menggemukan badan agar bisa ideal , kira2 berkisar 48-49 kg.. beberapa bln lalu saya mengalami break out parah karena stress masalah schedule yg padat dan kurang istirahat.. akhir nya 1 bulan tidak haid , karena darah kotor tidak keluar dan larinya ke jerawat hampir sebagian wajah dari hidung kebawah dan sekitar mulut , yg saya tau itu adalah jerawat hormonal tp jumlahnya begitu banyak seperti beruntusan .. sekarang sudah membaik karena istirahat yg cukup , jadwal yg saya atur ulang dan pemakaian skincare khusus untuk acne prone skin , mulai awal bulan saya mulai memikirkan mengenai pola makan , menurut dokter apa saja menu makan yg harus saya konsumsi agar memiliki kulit yg sehat , dan bagaimana cara merawat kulit agar terhindar dari breakout ? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet (UV).

Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda, ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit.

1. Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda.

- Bayam, merupakan sumber vitamin A yang  dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit.
- Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda.
- Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Radikal bebas muncul akibat terpaparnya kulit oleh sinar ultraviolet dari matahari, dan untuk menangkal radikal bebas ini dibutuhkan antioxidan. 

2. Produk susu

Yogurt dengan rendah lemak dan keju, memliki kandungan sama seperti bayam yaitu merupakan sumber vitamin A yang baik untuk kulit. Disamping itu, yogurt mengandung bacterium acidopholus yang membantu dalam proses pencernaan dan kesehatan dari saluran pencernaan yang dikaitkan dengan kesehatan kulit. Keju memiliki kadar selenium merupakan mineral yang dapat membuat kulit menjadi segar dan lembut.

3. Kacang

Dari banyak jenis kacang, hanya kacang Brazil yang sehat untuk kulit oleh karena produksi selenium oleh kacang jenis ini. Selenium selain dapat membuat kulit sehat, dapat juga memicu sintesis dari gluthathione. Sama seperti antioksidan yang terdapat dalam sayuran dan buah, gluthatione dapat menghilangkan sel kulit mati. Namun demikian, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan terlebih dahulu.

4. Ikan

Mengkonsumsi ikan setiap hari merupakan cara lain untuk menambah jumlah selenium ke dalam diet sehari-hari. Ikan segar mengandung selenium dan omega-3 yang peting dalam mencegah kulit keriput dan melembutkan kulit serta mengunrangi peradangan kulit.

Kami juga menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter umum atau dokter spesialis kulit guna menangani keluhan yang Anda alami, serta membantu menentukan pola makan yang baik untuk kulit Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Medis KlikDokter.

 

0 Komentar

Belum ada komentar