Sukses

Intoleransi Laktosa pada Anak

25 Jan 2017, 18:40 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat Sore Dokter saya mau tanya masalah alergi pada anak, anak sy usia 6bln, saat usia 3bln pernah dirawat di RS karena diare (feses berair disertai darah), menurut dokter anak sy intoleransi terhadap laktosa krn sebelumnya konsumsi asi dan beralih ke susu formula. jadi setelah itu anak sy konsumsi BMT soya. yg ingin sy tanyakan, kira2 sampai kapan anak sy baru bisa konsumsi susu sapi? dan bagaimana cara nya utk memperkenalkan susu sapi kpd anak sy? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Intoleransi laktosa merupakan suatu bentuk penolakan tubuh terhadap laktosa. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan penderita tidak mampu mencerna atau menyerap laktosa yang masuk ke dalam tubuh. Laktosa merupakan gula alami yang terdapat dalam susu atau produk susu lainnya seperti keju, mentega, dan sebagainya.

Beberapa gejala intoleransi laktosa adalah :

  • Perut terasa kembung
  • Diare
  • Mual
  • Bunyi perut yang berlebihan
  • Muntah

Secara garis besar, intoleransi laktosa disebabkan oleh ketidakmampuan sistem pencernaan manusia dalam membentuk laktase (enzim pada usus), yang berfungsi untuk mencerma laktosa yang masuk ke dalam tubuh.

Beberapa orang juga mengalami intoleransi laktosa akibat berhentinya produktifitas usus kecil dalam menciptakan laktase setelah sakit, seperti flu, atau selepas operasi. Pada sebagian kasus, bayi dapat lahir dengan intoleransi laktosa. Dalam kasus ini, bayi tersebut tidak dapat mengonsumsi makanan atau minuman apapun yang mengandung laktosa.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya intoleransi laktosa :

  • Usia: Semakin tua seseorang, maka semakin besar dirinya berisiko mengalami intoleransi laktosa.
  • Ras: Intoleransi laktosa kebanyakan terjadi pada orang-orang Asia, Amerika Indian, dan ras berkulit hitam.
  • Bayi prematur: Bayi prematur akan lebih mungkin mengalami intoleransi laktosa permanen dibandingkan bayi normal lainnya. Hal ini dikarenakan kondisi usus bayi yang belum mampu menicptakan laktase hingga akhir trimester ketiga.
  • Radiasi pada bagian perut: Individu yang sering terpajan radiasi akan lebih mudah mengalami intoleransi laktosa.

Dokter secara umum akan memberikan diagnosis berdasarkan gejala yang dialami penderita, dan akan melakukan pemeriksaan menggunakan tes bernapas dengan hidrogen atau tes gula darah.

Pengobatan terbaik bagi pasien dengan intoleransi laktosa adalah dengan menjauhi segala produk yang mengandung laktosa. Namun pastikan penderita mendapatkan kalsium yang cukup guna menggantikan kandungan gula yang hilang. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak, guna dilakukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisis secara langsung untuk menentukan penatalaksanaan yang paling sesuai bagi anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Medis KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar