Sukses

Isolated Systolic Hypertension pada Lansia

26 Jan 2017, 12:00 WIB
Pria, 68 tahun.

Selamat siang Dok, apa diagnosa kalau tekanan darah sistolik saya tinggi tapi tekanan darah diastolik saya rendah? Terakhir saya ukur, hasilnya adalah 150/55. Terima kasih.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kondisi yang Anda alami di mana tekanan sistolik lebih dari 140 mmHg dan diastolik di bawah 90 mmHg disebut dengan isolated systolic hypertension atau ISH. Kondisi ini umum ditemukan pada orang lanjut usia seperti Anda dan umumnya disebabkan karena kekakuan arteri, masalah katup jantung atau kelenjar tiroid yang hiperaktif (hipertiroidisme).

Untuk usia Anda yang di atas 60 tahun, tekanan darah sistolik sebaiknya di bawah 150 mmHg. Dan bila memerlukan pengobatan, tekanan diastolik tidak boleh turun hingga di bawah 70 mmHg. Sebab, tekanan diastolik yang terlalu rendah dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Saran kami, apabila hasil ini baru didapatkan satu kali, harus diukur 2 kali lagi pada waktu yang berbeda untuk dilihat apakah hasilnya konsisten seperti itu. Apabila iya, memang benar Anda mengalami ISH. Bila Anda memilliki faktor risiko lain seperti diabetes, penyakit jantung, dan penyakit ginjal, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda terkait kondisi ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar