Sukses

Masih Batuk Setelah Berobat TB Selama 3 Bulan

25 Jan 2017, 15:22 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok ayah saya menderita TB, sudah menjalani pengobatan selama 3 Bulan, tapi gejala batuk masih belum berhenti, apakah itu wajar? Apakah ada makanan/minuman yang bisa membantu menyembuhakan TB dselain obat dari puskesmas? Terima Kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Penderita TB paru yang menjalani pengobatan, umumnya akan mengalami perbaikan gejala dalam 2 bulan pertama mengkonsumsi obat TB. Gejala yang membaik selain dari batuknya adalah dari berat badan yang bertambah dan nafsu makan membaik. Secara fisik, kondisi umum terlihat lebih bugar dan sehat. Pada akhir bulan ke-2 pengobatan TB, umumnya pasien akan dievaluasi kembali dengan melihat pemeriksaan dahak dan rontgen dadanya. Apakah ayah Anda sudah diperiksa kembali sewaktu akhir bulan kedua lalu?

Perlu kami tanyakan lebih lanjut, bagaimana dengan kondisi ayah Anda, apakah nafsu makannya sudah kembali atau berat badannya naik? Apakah batuk yang dialami setelah mulai pengobatan TB ini dipicu oleh hal lain? Apakah ada riwayat alergi atau asma pada ayah Anda?  Bagaimana kondisi rumah tinggal Anda? Apakah ada yang sedang batuk selain ayah di rumah Anda? Apakah ada kemungkinan ayah Anda masih terpapar dengan orang lain yang sedang mengalami TB?

Batuk yang masih dirasakan setelah 3 bulan pengobatan ini apakah intensitasnya sebenarnya sudah berkurang tapi masih ada atau sama sekali tidak berkurang? Kalau memang sama sekali tidak berkurang, ada kemungkinan superinfeksi (infeksi TB diperparah oleh infeksi kuman lain) atau karena kuman TB resisten dengan regimen obat TB yang saat ini dikonsumsi. Saran kami, sebaiknya segera kontrol ulang dengan dokter yang merawat dan ungkapkan semua gejala-gejala yang masih ada setelah 3 bulan pengobatan ini. Karena bila memang ada sesuatu, regimen pengobatan TB nya dapat diubah/disesuaikan agar infeksinya benar-benar tuntas.

Infeksi TB hanya bisa disembuhkan dengan obat anti TB. Minuman dan makanan bersifat menunjang pengobatan dengan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

1 Komentar

  • Yati Yuliawaty Yuliawati

    Malam dok. ..suami saya pendrita tb umur 30 thn sdg berobat jln ke puskesmas masuk bln ke 2.yg saya tanyakn knp msh batuk bdn panas berat badan menurun nyeri sendi nafsu makan berkurang ...apakh berbahaya. .thnkz dok. ...