Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Menikah

26 Jan 2017, 11:42 WIB
Wanita, 27 tahun.

siang saya mau tanya dok, bulan kemarin saya haid tgl 30 November 2016 kemudian tgl 4 Desember 2016 menikah. Tgl 8 Januari 2017 sekitar telat haid semingguan, saya coba tes pack tapi hasilnya negatif. Saya telat haid sekitar 25 hari tiba-tiba muncul flek merah muda selama 2 hari tp hanya sedikit. Tgl 25 Januari 2017 tiba-tiba muncul darah haid yg terbilang banyak. Yg mau sya tanyakan itu haid saya tidak teratur karena faktor apa?? Apakah saya harus periksa ke dokter atau bagaimana dok??

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan Klikdokter.com

Ibu/Saudari yang Terhormat. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus menstruasi Anda? Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  •     Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  •     Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  •     Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  •     Malnutrisi (kurang gizi)
  •     Stres psikologis
  •     Atlet
  •     Kekurangan vitamin K
  •     Penggunaan obat-obatan tertentu
  •     Kelainan pembekuan darah
  •     Gangguan hormon tiroid

Selain masalah hormon, dapat juga disebabkan oleh masalah organik seperti mioma uteri, kista, adenomiosis. Untuk memastikannya, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan (SpOG) untuk pemeriksaan lengkap dan mengetahui penyebab dari siklus mentruasi Anda yang tidak teratur. Kondisi psikologis stress seperti yang sudah disebutkan di atas dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Apakah menjelang dan selama pernikahan ini Anda mengalami pikiran yang berat atau stres pra pernikahan? Mungkin saja hal tersebut yang menjadi penyebab ketidakteraturan menstruasi Anda

Pada menstruasi tidak teratur dapat saja terjadi siklus anovulatoir (tidak keluarnya sel telur pada saat ovulasi) dan dapat mempersulit kehamilan. Tetapi faktor psikologis tidak besar perannya dalam menghambat kehamilan. Perlu dicari faktor lain yang menyebabkan sulitnya hamil.

Jika perdarahan berlanjut setelah satu minggu dan keluhan yang Anda rasakan membuat Anda khawatir, sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter Spesialis Obgyn untuk mendapatkan pemeriksaan dan penangnan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar