Sukses

Dapatkah Alergi Susu Sapi Sembuh?

26 Jan 2017, 11:54 WIB
Wanita, 1 tahun.

selamat siang Dok,saya mau tanyak anak saya dari lahir Alergi susu saya coba mulai susu soya ap aj ga cck smpai akhrnya saya cb PHP dari morinaga cck padahal juga kel saya g ad keturunan Alergi..sekarnag sudah umur 1thn saya coba kemaren susu sapi ttp saya pakai Morinaga tetap aja merah2, padahal jg saya Mix anatara susu soya juga susu sapi msh aj merah.Dok,,yg saya tanyakan sampai umur brp anak saya berhenti Alergi..dan saya bisa kasih anak saya minum susu sapi...terimakasih Dok

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Alergi susu sapi biasanya muncul pada anak di bawah usia satu tahun. Gejalanya dapat terlihat tidak lama setelah pengenalan susu sapi yang pertama kalinya. Pada sebagian besar anak, gejala alergi ini biasanya akan menghilang setelah usia tiga tahun. Namun sayangnya, ada sebagian kecil yang akan terus mengalami alergi susu sapi hingga dewasa.

Gejala alergi susu sapi dapat disembuhkan untuk sementara atau diminimalkan dengan menghindari alergen penyebab alergi. Apabila Si Kecil alergi susu sapi, maka mereka tidak lagi dapat mengonsumsi susu sapi dan segala jenis produknya, jika tidak ingin gejala alerginya kambuh.

Namun permasalahannya, banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung susu tanpa kita ketahui dengan pasti. Karena itu, Si Kecil yang alergi susu sapi tidak hanya harus menghindari susu, tetapi juga yoghurt, keju, mentega, dan segala jenis makanan lain yang terbuat dari bahan makanan tersebut.

Jika gejala alergi sampai kambuh, masih ada pertolongan berikutnya yakni konsumsi obat antialergi. Tetapi, obat tersebut hanya dapat menghilangkan gejala alergi sementara. Obat tidak dapat seterusnya melindungi penderita dari alergen. Akibatnya, jika Si Kecil terpapar oleh alergen yang sama, gejala alergi akan kambuh kembali.

Apabila Si Kecil masih mengalami alergi susu sapi, maka susu berbahan dasar isolat protein kedelai dapat menjadi solusi. Kandungan gizi dalam susu berbahan dasar isolat protein kedelai tidak kalah dengan susu formula sapi. Bahkan telah diteliti bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak yang mengonsumsi kedua susu formula tersebut setara. Namun, sebelum memberikan anak susu berbahan dasar isolat protein kedelai, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anak.

Seperti yang telah dijelaskan secara teori semaikin bertambahnya usia anak, semakn berkurang juga alergi susu sapi terhadap anak walaupun usia kapan alergi susu sapi benar-benar hilalng tidak pernah disebutkan, Namun selama menunggu waktu tersebut sebaiknya Anda teta memberikan susu anti alergi semisal susu PHP kepada anak Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar