Sukses

Berbaring Setelah Makan

26 Jan 2017, 08:22 WIB
Pria, 18 tahun.

apa bahaya berbaring setelah mkan ?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Setelah makan, tubuh akan secara alami bekerja lebih keras untuk mengolah makanan yang masuk. Jika Anda langsung tidur setelah makan, inilah penyakit-penyakit berbahaya yang akan mengintai:

  1. Gastro-esophageal Reflux Disease (GERD)

Tidur setelah makan akan meningkatkan risiko seseorang untuk terserang penyakit GERD. Ini adalah penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan. Penderita akan merasakan sensasi seperti terbakar di dada dan mulut terasa asam.

  1. Sleep apnea

Sleep apnea akan meningkat jika penyakit GERD sering terjadi secara berulang. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan tidur setelah makan. GERD yang berulang akan menyebabkan penyempitan saluran napas, sehingga penderitanya berpotensi mengalami henti napas saat tertidur.

  1. Stroke 

Selain kedua penyakit di atas, stroke juga akan menghampiri Anda jika mempunyai kebiasaan tidur setelah makan. Menurut penelitian di University of Loannina Medical School, orang yang menunggu untuk tidak langsung tidur selama 60-70 menit setelah makan akan mengurangi risiko stroke sebesar 66%.

Sedangkan orang yang menunggu selama 70 menit sampai dengan 2 jam dapat mengurangi risko stroke sebesar 76%. Penyebab yang mendasari kondisi ini memang belum dapat dipastikan.

Namun beberapa teori menyebutkan bahwa saat tidur tubuh akan bekerja lebih berat dalam mencerna makanan. Pada saat itu, akan terjadi perubahan kadar gula darah, peningkatan tekanan darah dan kolesterol.

Untuk menghindari terjadinya penyakit berbahaya akibat tidur setelah makan, berilah kesempatan saluran pencernaan Anda untuk mencerna makanan. Setidaknya tunggulah paling tidak 60-70 menit sebelum memutuskan untuk benar-benar tidur (berbaring).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar